Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Plafform Google Classroom Pada Kelas XI APL SMK Negeri 2 Pekanbaru

Authors

  • Yuliasma Yuliasma SMK Negeri 2 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3905

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: apakah menggunakan Plafform Google Classroom pada kelas XI APL SMK  Negeri  2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keaktifan belajar bahasa indonesia ? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia  dengan plafform google classroom.(b) Untuk meningkatkan keaktivan belajar siswa kelas XI APL SMKN 2 Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI APL  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil pengamatan  dan pengolahan data bahwa terjadi peningkatan keaktifan peserta didik pada Siklus kedua dimana seluruh aktifitas terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 77,38% dan termasuk katagori Amat Baik. Secara umum rata-rata keaktifan peserta didik  pada Siklus  pertama 62,70 % dengan kagori Baik, sedangkan pada Siklus II rata-rata keaktifan peserta didik menjadi 77,38% dengan kategori Amat Baik. Adapun rata-rata keaktifan peserta didik pada siklus I dan II adalah 70,04 % dengan kategori Baik. Berdasarkan data diatas penulis bahwa penulis dapat menyimpulkan model pembelajaran jarak jauh  memberikan dampak positif terhadap keaktifan belajar peserta didik terutama pada peserta didik kelas XI APL. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Yuliasma, Y. (2021). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Plafform Google Classroom Pada Kelas XI APL SMK Negeri 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 713–718. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3905