Pembinaan Kedisplinan Beribadah Anak Di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang

Authors

  • Reza Pasma Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3673

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagian anak asuh masih belum melaksanakan shalat fardhu, sebagian anak masih lalai dan tidak tepat waktu dalam melaksanakan shalat fardhu, dan sebagian anak masih terdapat lubang-lubang dalam shalatnya. Dari permasalahan yang ada, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana pembinaan yang dapat dilakukan oleh pengasuh dalam membina shalat fardhu anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu fenomena yang terjadi sesuai dengan data yang ada di lapangan. Penelitian dilakukan di Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam dengan informan kunci peneliti yaitu ibu asuh dan informan yang mendukung pengurusan dan anak asuh panti asuhan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, artinya data yang muncul berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati yang diolah melalui catatan, kemudian disusun dalam teks. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data.  Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pengasuh di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang telah melakukan Pembinaan Disiplin Sholat Fardhu diantaranya dengan membuat aturan tentang disiplin beribadah, pemberian sanksi atau hukuman, pemberian hadiah dan motivasi. , mengawasi kedisiplinan anak, memberikan kesadaran akan pentingnya beribadah bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-13

How to Cite

Pasma, R. . (2022). Pembinaan Kedisplinan Beribadah Anak Di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 412–419. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3673