Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Menghafal Al-Qur'an Di TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo

Authors

  • Febi Novika Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Salmiwati Salmiwati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3670

Abstract

Metode Sorogan merupakan metode yang biasanya diterapkan di pesantren-pesantren salaf dalam pembelajaran kitab kuning. Namun pada saat sekarang ini metode ini diterapkan untuk menghaal Al-Qur’an di berbagai TPA. Namun masih sedikit yang menerapkan metode ini untuk menghafal Al-Qur’an. Metode sorogan ini menuntut guru (ustadz/zah) untuk menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an baik itu Tahsin, Tahfidz, dan fahmul Qur’an secara rinci dan kemudian anak didik di uji langsung oleh ustadz/zah. Sehingga latar belakang peneliti dalam  pemilihan judul ini adalah karena tertarik ingin meneiliti metode sorogan yang diterapkan oleh TPA Tahfiz Mesjid Ibadurrahman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode sorogan serta kendala-kendala yang di hadapi oleh ustadz/zah dalam menerapkan metode  sorogan ini TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo. Hasil penelitian ini adalah guru di TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo belum bisa mengefektifkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode sorogan belum bisa mencapai target yang telah di terapkan dalam kurikulum. Sehingga karena keterbatasan waktu dan target hafalan yang harus di capai guru/ustadz berupaya untuk bisa mengefektifkan metode sorogan. Salah satu upaya yang dilakukan anak disuruh untuk mengirim video hafalannya dengan menggunakan media Whatsapp.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-12

How to Cite

Sari, F. N. ., & Salmiwati, S. (2022). Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 404–411. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3670