Desain Didaktis Materi Pengukuran Satuan Panjang Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Bella Mita Riyani Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Murjainah Murjainah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle (LO) yang dialami oleh siswa dan membuat desain didaktis pada materi satuan panjang di kelas IV SD. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode DDR (Didactical Design Research) yang terdapat 3 tahapan, yaitu analisis prospektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Pada tahapan analisis prospektif, peneliti mengidentifikasi LO yang dialami siswa pada materi pengukuran satuan panjang, diantaranya: 1) Ontogenic Obstacle, yaitu kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika dan kurangnya pemahaman siswa pada materi prasyarat, 2) Didactical Obstacle, metode pembelajaran yang digunakan masih monoton, media pembelajaran kurang variatif, dan bahan ajar yang digunakan kurang lengkap; 3) Epistemological Obstacle, yaitu siswa tidak memahami cara menentukan hasil operasi hitung satuan panjang dan tidak memahami penyelesaian masalah terkait pengukuran satuan panjang. Berdasarkan hasil temuan LO, disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) dan merancang desain pembelajaran yang akan diujicobakan. Setelah desain didaktis diimplementasikan, diperoleh hasil LO dari tes identifikasi akhir yang mengalami penurunan dibandingkan dengan LO pada saat tes diagnostik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Riyani, B. M. ., Fuadiah, N. F. ., & Murjainah, M. (2022). Desain Didaktis Materi Pengukuran Satuan Panjang Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 252–261. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3388