Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI IPS 2 Dengan Menggunakan Media Iringan Midi Di SMA Negeri 9 Pekanbaru

Authors

  • Susiana Susiana SMA Negeri 9 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3321

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, motivasi belajar vokal siswa meningkat setelah siswa mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi dari kriteria penilaian yang diharapkan oleh peneliti telah tercapai. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang sebelum mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi tidak pernah memperhatikan guru menjelaskan tentang materi yang diajarkan, Setelah siswa mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi siswapun menjadi memperhatikan saat guru menjelaskan materi dan banyak bertanya, dan yang lebih terlihat siswa yang tadinya tidak dapat bernyanyi dengan baik setelah mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi mereka menjadi baik dalam bernyanyi. Hal tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar vokal pada siswa tersebut.Jika motivasi belajar vokal siswa meningkat akan berkesinambungan dengan hasil belajar vokal siswa yang juga akan ikut meningkat. Terbukti dari hasil belajar vokal setiap siklus, dari 34 siswa yang mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi, 40% mempunyai nilai >75 pada pra siklus, meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan 90% mendapatkan nilai >75 pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Susiana, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI IPS 2 Dengan Menggunakan Media Iringan Midi Di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 673–677. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3321