Perlakuan Sistem Akuntansi Pembelian Non Tunai Pada Hotel Gran Puri Manado

Authors

  • Eirene Veronica Mantiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3182

Abstract

Kegiatan operasional yang terjadi dalam hotel sangat membutuhkan kegiatan pembelian. Pembelian dapat dilakukan secara tunai maupun non tunai (kredit), dan terjadi secara rutin dengan jumlah yang besar.Penelitian ini bertujuan mengamati dan mempelajari perlakuan sistem akuntansi pembelian khususnya non tunai yang berlaku pada Hotel Gran Puri Manado. Sistem pembelian ini meliputi pembelian kredit dan pembayaran hutang atau pengeluaran kas.  Sistem pembayaran utang meliputi penyediaan dokumen-dokumen, pencatatan dan prosedur pengeluaran kas. Prosedur pengeluaran uang tunai/kas meliputi prosedur permintaan pengeluaran kas, prosedur pembuatan bukti kas keluar, prosedur pembayaran kas sampai pada prosedur pencatatan pengeluaran kas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, dimana peneliti akan mendeskripsikan atau menggambarkan perlakuan sistem akuntansi pembelian non tunai yang dimulai dengan munculnya permintaan barang kepada pihak pembelian (purchasing), penentuan penjual/supplier, prosedur permintaan barang, penerimaan barang sampai pada prosedur pembayaran kepada pihak penjual. Hasil penelitian di Hotel Gran Puri Manado menunjukkan perlakuan terhadap sistem pembelian non tunai sudah cukup baik karena didukung prosedur hutang dagang yang baik.  Kelemahan nya adalah belum dibuat sistem secara tertulis/baku, tidak dilengkapi flowchart (SOP) hanya berdasarkan job description yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Mantiri, E. V. . (2021). Perlakuan Sistem Akuntansi Pembelian Non Tunai Pada Hotel Gran Puri Manado. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 637–646. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3182