Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3147Abstract
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar pada pendidikan. Dengan ditiadakannya aktivitas perkuliahan tatap muka maka kuliah daring menjadi solusi untuk tetap menjalankan kegiatan belajar-mengajar di tengah penyebaran virus corona. Di masa pandemi ragam alternatif penawaran aplikasi pembelajaran daring kian laku dan dilakukan melalui berbagai aplikasi. Beragam pilihan aplikasi untuk perkuliahan daring diantaranya zoom, google classroom, email, dan lain-lain. Permasalahan yang timbul adalah perubahan kebiasaan perkuliahan menjadi daring ini tidak serta merta akan sukses dalam pembelajaran. Ini dikarenakan faktor lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif dengan metode survei. responden dari penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring secara terus menerus bagi mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh sangat tidak efektif walaupun sebagian mahassiwa menyatakan puas dengan pembelajaran daring, hal ini disebabkan oleh rasa bosan secara berulang sehingga mencapai titik jenuh. Selain itu materi yang mampu diserap mahasiswa kurang dari setengahnya, ditambah dengan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam menggunakan internet yang masih rendah. Dengan demikian pembelajaran daring dirasa cukup efektif manakala hanya dilakukan sewaktu-waktu tidak terus menerus selama 1 semester. Sehingga diperlukan adanya inovasi dari dosen dalam mengakali pembelajaran.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-19
How to Cite
Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 609–613. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3147
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Dedi Sufriadi, Zakaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).