Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 163 Pekanbaru

Authors

  • Cristina Cristina Univeristas Islam Riau, Pekanbaru
  • Febrina Dafit Univeristas Islam Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2926

Keywords:

Kesalahan Penggunaan Ejaan, Karangan Narasi

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan dan masih tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan masih banyak terjadi kesalahan yang siswa lakukan dalam menulis karangan narasi misalnya penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, dan sebagainya. Maka  dari itu peneltian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa, (2) mendeskripsikan penyebab kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non-tes dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Ditemukan kesalahan penulisan huruf kapital pada huruf pertama di awal kalimat dan di tengah kalimat, penggunaan huruf kecil,  kesalahan pada penulisan judul karangan, penggunaan huruf kapital setelah pemakaian tanda titik, kata sapaan, nama tempat atau objek serta kesalahan tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung dengan persentase kesalahan dibawah 10% kesalahan terjadi di sebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan oleh siswa saat menulis karangan narasi menunjukkan hasil yang baik dengan kategori kesalahan sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana, Citra Anggi. Martini, Avini (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. (Volume 7 No. 2).

Gunawan, Imam. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Khabibah, Umi Febrianti dkk. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Siswa Kelas IV SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Edupena. (Volume 2 No1).

Ningrum, Ayu Pipit. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Karangan Bebas Siswa Kelas IV SDN Bataran 01 Jember. Skripsi.

Praheto, Biya Ebi dkk. (2017). Peran Multemedia Interaktif Keterampilan Berbahasa Indonesia di PGSD. Jurnal Unissila. (Volume 1 No. 1).

Rosyida, Isma Dewi Nur. (2021). Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Penulisan Surat Undangan Tidak Resmi Siswa Kelas VC SDN Krian 03 Sidoarjo. Skripsi.

Sari, Milya. Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. (Volume 6 No 1).

Sriyanto. (2014). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia Ejaan. Jakarta. Pusat Pembinaan Dan Permasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. E-Book.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standar Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Manajemen Dan Start-up Bisnis, 02, 95.

Wazina, Winia dkk. (2016). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM (Technologi Acceptance Model). (Volume 7).

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Cristina, C., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 163 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 336–341. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2926