Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan untuk Siswa Kelas V SDN 1 Rimba Samak

Authors

  • Silvi Silvi Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rohana Rohana Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2728

Keywords:

Picture and Piture Model dan Menulis Karangan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak. Metode penelitian menggunakan metode kuantitati jenis eksperimen control group desain pretest-postest. Hasil penelitian menujukan bahwa a) terjadi peningkatan hasil belajar menulis karangan berbasis gambar pada kelompok eksperimen setelah diberikan metode pembelajaran picture and picture sebesar 8,18%. b) Terjadi peningkatan hasil belajar menulis karangan pada kelompok kontrol sebesar 1,92%. c) Ada pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Degeng, N. S. (2013). Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Penelitian. Bandung : Kalam Hidup.

Farruhrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta :Ar-Ruzz Media

Gulo, W. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia.

Handayani, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Spesimen pada Materi Invertebrata. Journal Of Biologyy Education

Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment Dengan Metode Picture And Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas Vii Mts. Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 81-98.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kaharudin & Hajeniati. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif: Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Sulawesi Selatan: CV. Berkah Utami.

Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyati, Y. (2011). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nurgiyantoro, B. (2015). Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pribadi, B. S. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Semi, M. A. (2007). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Subana & Sudrajat, M. (2015). Statistik Pendidikan . Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2012). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-11-05