Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Proses Pembelajaran Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2245Keywords:
Strategi, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran.Abstract
Latar belakang pada penelitian ini berdasarkan pada strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pengelolaan kelas di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini di bagi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari sumber pertama dan data sekunder berasal dari sumber kedua, ketiga dan seterusnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milers dan Huberman yakni yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kesimpulan.Pengelolaan kelas yang menyangkut pengaturan tempat belajar, pengaturan siswa, pemilihan bentuk kegiatan, pemilihan media pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut perlu dikelola dengan baik untuk menghasilkan suasana yang kondusif dan terciptannya pembelajaran yang baik pula. Pelaksanaan pengelolaan kelas di SDN 04 sitiung ini merupakan usaha untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, agar siswa lebih nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan rekap hasil angket analisis strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada proses pembelajaran di SDN 04 Sitiung bahwa 21 orang siswa yang menjadi responden angket dengan persentase 91,43 % dengan kategori sangat setuju. Dapat dilihat dari angket respon siswa di SDN 04 Sitiung sudah mampu dalam menciptakan kelas yang kondusif.Downloads
References
Aliyyah, R. . (2016). Management Of Lower Grade At Amaliah Elementary School Ciawi. 7(2), 81–95.
Asbar, A. M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 89. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.21
Fakhruriza, O. (2020). Al-Muqkidz : Jurnal Kajian Keislaman. Al- Muqkidz :Jurnal Kajian Keislaaman, 1(1), 76–89.
Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran. Bidayah : Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 48.
http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/144
Minsih, M., & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Purnomo, B. (2017). Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 237–255. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6809
UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press 1st ed.).
Yumnah, S., Tinggi, S., Islam, A., & Bangil, P. (2018). Strategi dan pendekatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran. 13(1), 18–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Titing Widya, Agus Saputra, Riyadi Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).