Relasi Sastra Anak Terkait Perkembangan Dirinya

Authors

  • Maulana Riski Universitas Komputer Indonesia
  • Asih Prihandini Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/sabaya.v1i1.4866

Abstract

Fokus penelitian ini yakni meninjau peran sastra anak dalam perkembangan diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sorot dalam penelitian ini yakni pengungkapan makna dan penjelasan.  Penulis merangkum data yang diperoleh secara sistematis, faktual, dan benar ditinjau dari fakta dan proses sebab akibat. Data tersebut disajikan dalam bentuk bahan terdokumentasi yang menjelaskan keterkaitan sastra anak dengan perkembangannya. Sastra berdampak signifikan terhadap kepribadian anak. Sastra berdampak pada perkembangan bahasa, emosi, perkembangan psikomotorik, perkembangan kepribadian, dan perkembangan kepribadian sosial pada anak. Sastra anak berbeda dengan sastra dewasa agar anak dapat menerima dan memahami isinya. Sastra anak harus mampu mendorong perkembangan kepribadian anak. Hal ini menjadikan sastra anak ideal untuk dikonsumsi anak-anak.  Adegannya sederhana dan menggunakan anak-anak dan lingkungan yang ada di seluruh dunia. Karakter dan fungsi termasuk contoh yang baik. Selain itu, gaya bahasa yang ringkas, kontek yang kreatif, mengandung unsur perspektif, serta imajinatif juga menjadi daya tarik anak.

References

Abidin. Zainal. 2007. Analisis Eksistensial: Sebuah Pendekatan Alternatif Psikologi dan Psikiatri. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Al Makruf, Ali Imron. 2010. Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern. Surakarta: Smart Media.

Boeree, S. George. 2008. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Prismasophie.

Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa: Warisan Abadi Budaya Leluhur. Yogyakarya: Narasi.

Gerungan, WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Kartono, Kartini. 1996. Psikologi Umum. Bandung: Maju Mundur.

Keraf, G. 2000. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Mindero, Albertin. 2011. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM.

Rosdiyana, Yusi dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles