Monumen Kresek Tempat Wisata Penuh Sejarah

Authors

  • Salimah Yuniasih Universitas PGRI Madiun
  • Donna Pratiwi Setyowardany Universitas PGRI Madiun
  • Nadia Putri Farama lestari Universitas PGRI Madiun
  • Riska Ela Iswantari Universitas PGRI Madiun
  • Lintang Sekar Khasanah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/sabaya.v1i1.4851

Keywords:

Sejarah, Pariwisata, Filsafat, Ontologi, Epistemologi, Aksiologi

Abstract

Sejarah dan keindahan alam merupakan aset berharga yang diharapkan tidak akan punah serta dapat dijadikan sebagai suatu daya tarik wisatawan agar datang dan berkunjung untuk menikmati keindahan alam maupun untuk mempelajari sejarah Bangsa Indonesia. Pariwisata sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat bukan hanya untuk kalangan tertentu saja. Monumen Kresek di  Kabupaten Madiun merupakan salah satu objek wisata yang mengandung nilai sejarah yang masih sering dikunjungi wisatawan lokal. Tempat dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga hari libur banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Madiun maupun pengunjung yang berada diluar kota. Namun karena tempat atau lokasi objek pariwisata berada di daerah yang masih kurang dalam hal penyampaian informasi secara publik dan belum adanya media untuk menyebarkan tempat atau lokasi objek pariwisata tersebut. Sebagai upaya pemenuhan tugas mata kuliah Pengantar Filsafat Ilmu kelompok kami telah melakukan pengamatan di Monumen Kresek. Pengamatan ini bertujuan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di daerah Kresek Madiun menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengembangan pariwisata terdapat tiga aspek yaitu aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

References

Haitsam, Firas. 2021. “Pengembangan Website Pariwisata,” 1–103.

Hayati, Rafika. 2014. “Pemanfaatan Bangunan Bersejarah Sebagai Wisata Warisan Budaya Di Kota Makassar.” Jurnal Master Pariwisata (JUMPA) 01: 1–42. https://doi.org/10.24843/jumpa.2014.v01.i01.p01.

Heryati, Yati. 2019. “Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju.” GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan 1 (1): 56–74. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/10.

Masdarul. 2020. “Monumen Kresek, Saksi Sejarah Peristiwa Madiun Artikel Ini Telah Diterbitkan Di Halaman SINDOnews.Com Pada Sabtu, 05 Desember 2020 - 05:00 WIB Oleh Masdarul Dengan Judul ‘Monumen Kresek, Saksi Sejarah Peristiwa Madiun’. Untuk Selengkapnya Kunjungi: Https:” DetikNews. 2020. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4240640/ini-17-tokoh-korban-pembantaian-pki-di-madiun-1948.

Mubin, Fatkhul. 2020. “Filsafat Modern: Aspek Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis.” Mengenal Filsafat Pendidikan, 1–28. fatkhulmubin90@gmail.com.

Downloads

Published

2022-06-22

Issue

Section

Articles