HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PELAKSANAAN P2M DBD DENGAN KEJADIAN DBD DI DUSUN TANJUNG BELIT BARAT DESA TANJUNG BELIT WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v1i1.85

Abstract

Sampai saat ini DBD masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia terutama di negara tropis. Diperkirakan 2,5 milyar penduduk dunia hidup di daerah endemik virus dengue, dimana sekitar 10 juta kasus demam dengue terjadi setiap tahun dan sebagaian besar diantaranya menyebabkan DBD. Angka kematian yang disebabkan oleh kasus DBD lebih dari 5% dan sebagian besar terjadi pada anak-anak dan remaja.Demam dengue (DD) adalah infeksi yang disebarkan oleh nyamuk yang membuat penyakit mirip flu dan kadang dapat terjadi komplikasi kematian yang disebut demam berdarah dengue (DBD).Tujuan penelitian ini adalah untukMenganalisahubungan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang P2M DBD dengan kejadian DBD di Dusun Tanjung Belit Barat Desa Tanjung Belit Wilayah Kerja Puskesmas Rambah Kabupaten Rohul. Desain penelitian ini adalah analitik kuantitatif secara cross sectional, dengan populasi seluruh seluruh masyarakat yang berada di dusun tanjung belit barat desa tanjung belit wilayah kerja Puskesmas Rambah Rohul Mei tahun 2014 pada saat penelitian dilakukan didapat sampel berjumlah 142 responden dengan teknik Random Sampling. Pengolahan analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian univariat :penegetahuan (54,2%) responden pengetahuan kurang, sikap responden (59,9%) bersikap negatif, (12,7%) kejadian DBD, dan bivariat didapatkan hubungan pengetahuan dengan DBD p < α (0,001 < 0,05), hubungan sikap masyarakat dengan DBD  p < α (0,001 < 0,05), Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap masyarakatdengan kejadian DBD. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi, pengetahuan, dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

References

Anton. S, (2008).Hubungan Perilaku Tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Kebiasaan Keluarga Dengan Kejadian DBD di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan.Diperoleh tanggal 23 Juli 2012.

Budiarto,Eko (2002), Biostatistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC.

Budioro, (2002).Pengantar Pendidikan (penyuluhan kesehatan) Masyarakat. BP. Undip Semarang.

Dewi M, A. Wawan, (2010). Pengetahuan, sikap dan perilaku manusia.Yogyakarta : Nuha Medika.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau, (2009), Profil kesehatan provinsi Riau, Pekanbaru.

Hastono, Sutanto Priyo dan Luknis Sabri, (2010).Statistik Kesehatan, Jakarta : Rajawali Pers.

Hidayat, A.A(2008). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data . Jakarta: Salemba Medika

Hidayat, A.A(2007). RisetKeperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah . Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam (2003).Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrument Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

STIKes TT (2014). Panduan Penulisan Laporan Tugas Akhir: Bangkinang.

Satari, Meliasari, (2009). Demam Berdarah Perawatan di Rumah dan Rumah Sakit.Puspa Swarna . Jakarta.

Suliswati, (2002).Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC

Downloads

Published

2017-04-23

How to Cite

VIRGO, G. (2017). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PELAKSANAAN P2M DBD DENGAN KEJADIAN DBD DI DUSUN TANJUNG BELIT BARAT DESA TANJUNG BELIT WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Ners, 1(1). https://doi.org/10.31004/jn.v1i1.85

Issue

Section

Articles