EFEKTIFITAS PENERAPAN PANDUAN TERHADAP PERILAKU CARING MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7409Abstract
Caring adalah salah satu bentuk perilaku yang merupakan suatu sikap, rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain. Hasil beberapa penelitian ditemukan bahwa masih rendahnya perilaku caring mahasiswa yang dapat berdampak pada rendahnya kepuasan pasien saat memasuki dunia kerja yang mengakibatkan buruknya kualitas pelayanan keperawatan. Berdasarkan studi literature terdapat beberapa strategi untuk meningkatkan perilaku caring mahasiswa, salah satunya adalah menerapkan panduan perilaku caring. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan panduan terhadap perilaku caring mahasiswa di Program Studi DIII Keperawatan Gunungsitoli Poltekkes Kemenkes Medan Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pre test – post test without control. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Gunungsitoli Poltekkes Kemenkes Medan. Sampel penelitian adalah mahasiswa TK I berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Peneliti menggunakan uji wilcoxon dalam analisis data. Uji kemaknaan dilakukan dengan membandingkan hasil uji dengan nilai probabilitas (p), nilai p < ? (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan panduan efektif terhadap perilaku caring mahasiswa di Program Studi DIII Keperawatan Gunungsitoli Poltekkes Kemenkes Medan Tahun 2021 dimana diperoleh nilai significancy 0,001 (p < 0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku caring yang bermakna antara sebelum dan sesudah penerapan panduan. Kata Kunci : Efektifitas, Penerapan Panduan, Perilaku CaringDownloads
Published
2022-10-15
How to Cite
HAREFA, E. M., & LASE, B. (2022). EFEKTIFITAS PENERAPAN PANDUAN TERHADAP PERILAKU CARING MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN GUNUNGSITOLI. Jurnal Ners, 6(2), 102–106. https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7409
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).