PERBANDINGAN PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN SIMULATION BASED EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN BASIC LIFE SUPPORT MAHASISWA KEPERAWATAN

Authors

  • BAMBANG SUDONO DWI SAPUTRO Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Estu Utomo
  • MILA KUSUMAWATI Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Estu Utomo
  • EMY KURNIAWATI Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Estu Utomo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7214

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Basic Life Support (BLS) dalam kurikulum pendidikan perawat merupakan pendekatan untuk meningkatkan tata laksana berkualitas pada henti jantung. Problem Based Learning (PBL) dan Simulation Based Education (SBE) adalah dua metode untuk menumbuhkan penalaran klinis dalam program pendidikan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh PBL dan SBE terhadap pengetahuan BLS. Penelitian quasi-experimental design with a comparison group ini dilakukan pada mahasiswa keperawatan semester 6 dengan responden berjumlah 30. Masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Data pengetahuan diukur dengan kuesioner pengetahuan BLS berdasarkan pedoman American Heart Association. Statistik deskriptif, uji t berpasangan dan uji t independen digunakan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pengetahuan BLS sebelum diberikan PBL adalah 9,4, dan SBE adalah 9. Rerata nilai pengetahuan BLS setelah diberikan PBL adalah 13,27, dan SBE adalah 13,8. Ada pengaruh pemberian PBL (p=0,001) dan SBE (p=0,001) terhadap pengetahuan BLS. Tidak ada perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran melalui PBL dan SBE terhadap pengetahuan BLS (p=0,147). PBL dan SBE direkomendasikan sebagai metode pembelajaran BLS. Pembelajaran melalui SBE secara deskriptif menunjukkan perubahan nilai yang lebih banyak daripada melalui PBL.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

SAPUTRO, B. S. D., KUSUMAWATI, M., & KURNIAWATI, E. (2022). PERBANDINGAN PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN SIMULATION BASED EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN BASIC LIFE SUPPORT MAHASISWA KEPERAWATAN. Jurnal Ners, 6(2), 107–112. https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7214