PERBANDINGAN PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN SIMULATION BASED EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN BASIC LIFE SUPPORT MAHASISWA KEPERAWATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7214Abstract
Pelaksanaan pembelajaran Basic Life Support (BLS) dalam kurikulum pendidikan perawat merupakan pendekatan untuk meningkatkan tata laksana berkualitas pada henti jantung. Problem Based Learning (PBL) dan Simulation Based Education (SBE) adalah dua metode untuk menumbuhkan penalaran klinis dalam program pendidikan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh PBL dan SBE terhadap pengetahuan BLS. Penelitian quasi-experimental design with a comparison group ini dilakukan pada mahasiswa keperawatan semester 6 dengan responden berjumlah 30. Masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Data pengetahuan diukur dengan kuesioner pengetahuan BLS berdasarkan pedoman American Heart Association. Statistik deskriptif, uji t berpasangan dan uji t independen digunakan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pengetahuan BLS sebelum diberikan PBL adalah 9,4, dan SBE adalah 9. Rerata nilai pengetahuan BLS setelah diberikan PBL adalah 13,27, dan SBE adalah 13,8. Ada pengaruh pemberian PBL (p=0,001) dan SBE (p=0,001) terhadap pengetahuan BLS. Tidak ada perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran melalui PBL dan SBE terhadap pengetahuan BLS (p=0,147). PBL dan SBE direkomendasikan sebagai metode pembelajaran BLS. Pembelajaran melalui SBE secara deskriptif menunjukkan perubahan nilai yang lebih banyak daripada melalui PBL.Downloads
Published
2022-10-19
How to Cite
SAPUTRO, B. S. D., KUSUMAWATI, M., & KURNIAWATI, E. (2022). PERBANDINGAN PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN SIMULATION BASED EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN BASIC LIFE SUPPORT MAHASISWA KEPERAWATAN. Jurnal Ners, 6(2), 107–112. https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7214
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).