PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN TINDAKAN SISWA DALAM MENGKONSUMSI AIR PUTIH SETELAH MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK MELALUI EDUKASI DI SDN 21 KOTA PANGKALPINANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7076Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan konsumsi air putih oleh siswa sekolah dasar dan sebagian besar minuman yang dikonsumsi sehabis melakukan aktifitas fisik adalah minuman manis soda, minuman energi, susu, dan minuman rasa buah dengan gula tambahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap tingkat pengetahuan siswa dalam mengkonsumsi air putih setelah melakukan aktivitas fisik pada siswa sekolah dasar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain (Pre Eksperimental) One Grup Pre-Test Post-Test. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Negeri No 21 Kota Pangkalpinang sebanyak 122 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan yang berisi 25 item pernyataan tentang pengetahuan meliputi pengertian air mineral, ciri-ciri air mineral yang baik, manfaat air mineral dan dampak kekurangan air mineral. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan tentang konsumsi air putih setelah aktivitas fisik olahraga setelah diberikan intervensi edukasi lebih tinggi sebesar 20,15 Hasil analisis Uji Wilcoxon terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna antara sebelum penyuluhan dan sesudah penyuluhan konsumsi air putih setelah aktivitas fisik olahraga dengan nilai p 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adanya pengaruh intervensi edukasi terhadap tingkat pengetahuan dan tindakan siswa dalam mengkonsumsi air putih setelah melakukan aktifitas fisik. Saran untuk penelitian ini agar pihak sekolah memperhatikan pola konsumsi air putih siswa dan menganjurkan kepada kantin sekolah untuk menyediakan minuman sehat.Downloads
Published
2022-10-04
How to Cite
UMMI MAKTUM, SILVIA MARETI, & ZAMZIRI, Z. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN TINDAKAN SISWA DALAM MENGKONSUMSI AIR PUTIH SETELAH MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK MELALUI EDUKASI DI SDN 21 KOTA PANGKALPINANG. Jurnal Ners, 6(2), 37–41. https://doi.org/10.31004/jn.v6i2.7076
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).