Literatur Review : Neurosains Dalam Pendidikan; Memahami Mekanisme Otak dan Kontrol Diri Remaja

Authors

  • Klara Elfa Putri Warsanto Universitas Soegijapranata
  • Augustina Sulastri Universitas Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.31632

Abstract

Perkembangan pada remaja terjadi dengan perubahan masa anak-anak ke masa dewasa ditandai dengan masa pubertas. Pada masa pubertas ini, remaja sering terlibat dalam perilaku berisiko. Dalam neuroscience, kecenderungan perilaku beresiko tersebut dipengaruhi oleh perkembangan otak, gangguan otak dan saraf pada  remaja, terutama pada area korteks prefrontal. Korteks prefrontal, merupakan wilayah yang penting dalam pengendalian diri dan pengambilan keputusan pada manusia. Bagian otak yang mengatur kecanduan zat diketahui melibatkan wilayah otak yang disebut prefrontal cortex (PFC), yang penting dalam fungsi eksekutif dan memberikan kontrol penghambatan pada perilaku ("sistem pengereman").  Selanjutnya penulis membahas mengenai pendekatan yang dilakukan melalui  temuan neuroscience dalam mendampingi remaja mengembangkan kontrol diri di dunia pendidikan. Penelitian menggunakan Penelitian  menggunakan  systematic  literature  review. Pencarian artikel/jurnal  diakses  dari  pencarian  internet  dengan  database  google  scholar.  Dari  review  literatur ditemukan jurnal yang memiliki kaitan dengan neurosains,otak yang sehat dan mengalami gangguan karena  kecanduan pada remaja, kontrol diri pada remaja. Hasil dari review jurnal yaitu sifat impulsif dikaitkan dengan disfungsi daerah kortikal prefrontal yang diasumsikan tercermin dari pengurangan volume dan ketebalan GM (gray matter), dimana jika kekurangan GM di area prefrontal terkait dengan kontrol diri. Remaja yang memiliki kontrol diri rendah, menunjukkan volume GM kortikal prefrontal yang jauh lebih rendah di hampir semua bidang minat, maka dengan kontrol diri yang rendah akan menimbulkan tingkat agresitivas yang tinggi. 

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Warsanto, K. E. P. ., & Sulastri, A. (2024). Literatur Review : Neurosains Dalam Pendidikan; Memahami Mekanisme Otak dan Kontrol Diri Remaja. Jurnal Ners, 9(1), 129–139. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.31632