Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan di Poli Spesialis UPTD RSD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024

Authors

  • Ruri Frasista Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang
  • Arie Wahyudi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang
  • Ali Harokan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.30368

Abstract

Kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan pasien di poli spesialis UPTD RSD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan crossectional.  Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien yang berkunjung di poli spesialis UPTD RSD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2023, berjumlah 31034 responden dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 responden menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling. Penelitian telah di laksanakan pada tanggal 07-24 Feruari 2024. Pengumpulan data dengan wawancara dan kuisioner. Analisis data bivariat menggunakan uji Chi-Square dan multivariat menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan responsiveness dengan kepuasan responden terhadap pelayanan Poli Spesialis di UPTD RSD Besemah Kota Pagaralam tahun 2024. Faktor yang paling dominan dengan kepuasan responden terhadap pelayanan Poli Spesialis di UPTD RSD Besemah Kota Pagaralam tahun 2024 yaitu Responsiveness (p value 0,016), (OR 6,404).

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Frasista, R., Wahyudi, A. ., & Harokan, A. . (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan di Poli Spesialis UPTD RSD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2024. Jurnal Ners, 9(1), 545–553. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.30368