Pengaruh Edukasi MP-ASI Menggunakan Media Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan MP-ASI Pada Ibu Bayi Usia 0-6 Bulan

Authors

  • Ratna Santi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Mariyani Mariyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.17250

Abstract

Permasalahan dilapangan ditemukan banyak ibu bayi yang belum mengetahui pemberian MP-ASI pada ibu bayi usia 0-6 bulan. Hal ini disebabkan situasi pasca pandemic Covid-19 salah satunya, sehingga kegiatan promosi kesehatan yang seharusnya melakukan penyuluhan secara tatap muka itu terbatas dan kegiatan edukasi secara umum juga terhambat. Metode yang digunakan untuk meningkatkan pegetahuan MP-ASI pada ibu balita gizi buruk yaitu edukasi dengan media, misalnya menggunakan booklet dan leaflet. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra  eksperimental  dengan pendekatan one group pretest - post test design yaitu rancangan penelitian yang tidak menggunakan kelompok pembanding (kontrol), akan tetapi dilakukan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan menguji perubahan - perubahan yang terjadi setelah adanya eksperimen (perlakuan) , dengan menggunakan 61 responden. Hasil penelitian ini bahwa Pengaruh edukasi MP – ASI menggunakan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan MP – ASI pada Ibu bayi 0 – 6 dengan analisis uji Wilcoxon yaitu didapatkan nilai signifikansi 0.000 (p<0,05), dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan peningkatan pengetahuan MP – ASI sebelum dan sesudah membaca booklet.

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Santi, R. ., & Mariyani, M. (2023). Pengaruh Edukasi MP-ASI Menggunakan Media Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan MP-ASI Pada Ibu Bayi Usia 0-6 Bulan . Jurnal Ners, 7(2), 1303–1307. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.17250