Pengaruh Edukasi MP-ASI Menggunakan Media Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan MP-ASI Pada Ibu Bayi Usia 0-6 Bulan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.17250Abstract
Permasalahan dilapangan ditemukan banyak ibu bayi yang belum mengetahui pemberian MP-ASI pada ibu bayi usia 0-6 bulan. Hal ini disebabkan situasi pasca pandemic Covid-19 salah satunya, sehingga kegiatan promosi kesehatan yang seharusnya melakukan penyuluhan secara tatap muka itu terbatas dan kegiatan edukasi secara umum juga terhambat. Metode yang digunakan untuk meningkatkan pegetahuan MP-ASI pada ibu balita gizi buruk yaitu edukasi dengan media, misalnya menggunakan booklet dan leaflet. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest - post test design yaitu rancangan penelitian yang tidak menggunakan kelompok pembanding (kontrol), akan tetapi dilakukan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan menguji perubahan - perubahan yang terjadi setelah adanya eksperimen (perlakuan) , dengan menggunakan 61 responden. Hasil penelitian ini bahwa Pengaruh edukasi MP – ASI menggunakan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan MP – ASI pada Ibu bayi 0 – 6 dengan analisis uji Wilcoxon yaitu didapatkan nilai signifikansi 0.000 (p<0,05), dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan peningkatan pengetahuan MP – ASI sebelum dan sesudah membaca booklet.Downloads
Published
2023-08-07
How to Cite
Santi, R. ., & Mariyani, M. (2023). Pengaruh Edukasi MP-ASI Menggunakan Media Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan MP-ASI Pada Ibu Bayi Usia 0-6 Bulan . Jurnal Ners, 7(2), 1303–1307. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.17250
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).