Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Remaja Putri Melakukan Praktik Sadari di Daerah Pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.15301Abstract
Angka prevalensi kanker cukup tinggi di Kecamatan Pariangan, sehingga diperlukan pencegahan dan deteksi dini kanker payudara. Sedangkan pengetahuan dan kemampuan SADARI pada remaja di SMAN 1 Pariangan masih rendah, sehingga diperlukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SADARI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan booklet dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan kemampuan remaja putri melakukan praktik SADARI di SMAN 1 Pariangan. Metode yang digunakan Pre Experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini siswi kelas XI SMAN 1 Pariangan, berjumlah 76 orang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan teknik pengolahan data uji Wilcoxon. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengetahuan dan kemampuan SADARI. Hasil penelitian sebelum intervensi 37 responden (48,7%) memiliki pengetahuan kurang, sesudah intervensi 59 responden (77,6%) memiliki pengetahuan baik (p value = 0,000). Sebelum intervensi 72 responden (94,7%) memiliki kemampuan kurang, sesudah intervensi 63 responden (82,9%) memiliki kemampuan baik (p value = 0,000). Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan booklet dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan kemampuan remaja putri dalam melakukan praktik SADARI. Diharapkan pendidikan kesehatan SADARI menjadi salah satu program penyuluhan kesehatan reproduksi remaja bagi Instansi terkait baik sekolah maupun puskesmas setempat.Downloads
Published
2023-06-21
How to Cite
Krisdianto, B., Natasyah, N., & Malini, H. . (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Remaja Putri Melakukan Praktik Sadari di Daerah Pedesaan. Jurnal Ners, 7(2), 849–857. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.15301
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).