Utilization of educational videos in increasing knowledge and skills of insulin pen injection in type 2 Diabetes Mellitus patients: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.14038Abstract
Pengetahuan tentang penggunaan injeksi insulin pada pasien diabetes mellitus (DM) sangat penting untuk memastikan bahwa terapi insulin yang diberikan dapat berjalan dengan efektif. Karena terpai insulin memerlukan injeksi yang sering, pasien DM perlu memiliki pemahaman yang baik tentang cara menggunakannya untuk memaksimalkan manfaat terapi dan meminimalkan risiko efek samping. Riset tentang penggunaan media berbasis video untuk mengedukasi pasien terkait injeksi pena insulin sudah banyak dilakukan. Namun, masih kurangnya tinjauan literature yang mengevaluasi bagaimana efektifitas media ini dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pasien diabetes mellitus terkait penggunaan injeksi pena insulin. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic review dengan mengidentifikasi artikel jurnal yang diterbitkan secara online yang terdiri dari bahasa Inggris antara tahun 2018-2021. Enam jurnal dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang diambil melalui search engine PubMed, ScieceDirect, dan JSTOR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis video dapat menjadi alternatif yang efektif dalam memberikan edukasi tentang penggunaan insulin pada pasien diabetes melitus dan dapat membantu meningkatkan hasil terapi insulin secara keseluruhan.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Putri, H. L. ., Malini, H. ., & Maisa, E. A. . (2023). Utilization of educational videos in increasing knowledge and skills of insulin pen injection in type 2 Diabetes Mellitus patients: Literature Review. Jurnal Ners, 7(1), 616–625. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.14038
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).