Hubungan Kualitas Pelayanan Informasi Obat dengan Kepuasan Pelayanan Obat di Kecamatan Kluwut, Kabupaten Brebes

Authors

  • Hanniza Dwi Cahyani Politeknik Harapan Bersama
  • Agus Susanto Politeknik Harapan Bersama https://orcid.org/0000-0003-1871-483X
  • Joko Santoso Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13394

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas dan menyatu dengan masyarakat sangat penting dalam dunia kesehatan, dengan tujuan menciptakan pola hidup masyarakat yang peduli, mengerti, dan tanggap akan permasalahan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan informasi obat (PIO) dengan kepuasan pelayanan obat di Puskesmas Kluwut. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan informasi obat di Puskesmas Kluwut, Kabupaten Brebes. Besar sampel penelitian ini  adalah 106 orang yang telah memenuhi kriteria penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data dengan skala Ordinal. Analisis data dengan menggunakan metode Chi-Square 0,05. Hasil penelitian bahwa kualitas PIO adalah pada kategori sangat baik (52,8%)  dan kepuasan pelayan obat pada kategori sangat puas (77%). Hasil uji Chi-Square didapatkan p-value sebesar 0,000 (pV<0,05).  Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas PIO dengan kepuasaan pelayanan obat.

Author Biographies

Hanniza Dwi Cahyani, Politeknik Harapan Bersama

   

Agus Susanto, Politeknik Harapan Bersama

   

Joko Santoso, Politeknik Harapan Bersama

   

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Cahyani, H. D., Susanto, A., & Santoso, J. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Informasi Obat dengan Kepuasan Pelayanan Obat di Kecamatan Kluwut, Kabupaten Brebes. Jurnal Ners, 7(1), 420–424. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13394

Issue

Section

Articles