Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Rsud Sumbawa di Kabupaten Sumbawa Tahun 2022

Authors

  • Muhammad Fauzi Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Samawa
  • Yasinta Aloysia Daro Fakultas Kesehatan Universitas Samawa
  • Nila Yuliana Fakultas Kesehatan Universitas Samawa
  • Laily Widya Astuti Fakultas Kesehatan Universitas Samawa
  • Seftiani Utami Fakultas Kesehatan Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12959

Abstract

Survei Kepuasan dibutuhkan untuk memperolah informasi tentang kepuasan yang dirasakan pasien. Survei juga digunakan rumah sakit untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pasien serta mampu memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing sehingga pengukuran kepuasan pasien perlu dilakukan secara berkala dan akurat. Responden dipilih secara acak, dan untuk besaran sampel menggunakan penentuan sampel dari Krejcie and Morgan. Sampel yang dibutuhkan untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan survei adalah 967 orang untuk Instalasi Pelayanan Medik dan Perawatan dan 226 orang untuk instalasi penunjang. Pengolahan data dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Setiap pertanyaan survei masing-masing unsur diberi nilai. Nilai dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan. Berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar usia responden adalah usia 31-40 tahun (30,34%). Sebagian besar jenis kelamin responden adalah Jenis Kelamin Perempuan (60,52%). Sebagian besar Pendidikan responden adalah SMA (37,80%). Sebagian besar Pekerjaan responden adalah Lainnya (63,12%). Sebagian besar Penjamin Pelayanan responden adalah BPJS (80,13%). Jadi hasil survei kepuasan masyarakat RSUD Sumbawa Tahun 2022 mempunyai kategori BAIK, yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang adalah 3,26 atau nilai konversi sebesar 81,42.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Fauzi, M., Daro, Y. A. ., Yuliana, N., Astuti, L. W. ., & Utami, S. . (2023). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Rsud Sumbawa di Kabupaten Sumbawa Tahun 2022 . Jurnal Ners, 7(1), 196–206. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12959

Issue

Section

Articles