PENGARUH EDUKASI BERDASARKAN TEORI EFIKASI DIRI TERHADAP INTERDYALITIC WEIGHT GAIN (IDWG) PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI UNIT HEMODIALISA RSUP. DR. M.DJAMIL PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.11796Abstract
Penatalaksanaan cairan yang buruk pada pasien hemodialisis dapat menyebabkan beberapa dampak yang buruk seperti pertambahan berat badan interdialitik tinggi, dan menghasilkan peningkatan mortalitas kardiovaskular dan morbiditas. Diketahui di rumah sakit telah dilakukan edukasi tentang pembatasan cairan, pemberian edukasi dilakukan dengan metode konvensional, tetapi masih terjadi ketidak patuhan terhadap pembatasan cairan, sehingga diperlukan edukasi berdasarkan teori efikasi diri yang dapat meningkatkan keyakinan diri pasien untuk melakukan manajemen diri, penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pemberian intervensi edukasi berdasarkan teori efikasi diri terhadap IDWG pada pasien hemodialisis. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi expsperiment Pretest and Posttest with control group design. Jumlah sampel penelitian ini 68 orang dengan metode pengambilan sampel yaitu non probability sampling menggunakan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor IDWG antara kelompok control dan intervensi dengan hasil uji statistic didapatkan nilai P value 0,000 dimana nilai P < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai IDWG antara kelompok intervensi dan kelompok control setelah diberikan intervensi edukasi berdasarkan teori efikasi diri. Edukasi berdasarkan teori efikasi diri efektif meningkatkan kepatuhan pembatasan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis.Downloads
Published
2023-02-02
How to Cite
JUNIKA, A., SUSMIATI, S., & PUTRA, H. (2023). PENGARUH EDUKASI BERDASARKAN TEORI EFIKASI DIRI TERHADAP INTERDYALITIC WEIGHT GAIN (IDWG) PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI UNIT HEMODIALISA RSUP. DR. M.DJAMIL PADANG. Jurnal Ners, 7(1), 100–105. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.11796
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ners
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).