HUBUNGAN MINAT DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI CALON SARJANA KEPERAWATAN UNTUK MELANJUTKAN PROFESI NERS DI UNIVERSITAS PAHLAWAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1119

Keywords:

Nursing bachelor candidates, Peer social support, Interests, Motivation.

Abstract

Professional program is a process of socializing students in gaining real experience to achieve professional skills (intellectual, interpersonal, non-technical) in carrying out nursing care to patients/ clients. The purpose of this study was to determine the interest relationship between and social support peer with the motivation of prospective nursing graduates to continue the nursing profession at Uptt. This type of research is quantitative with sectional design study. This research was conducted on 01 July-07 July 2020 with a total sample of 62 people obtained using a total sampling technique. The population in this study were all nursing students of 2016 class at Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis used was univariate and bivariate analysis with Fisher's Exact test. The results show that there is a relationship between interest and motivation p-value of 0.000 with a precise correlation of 0.704 and the relationship between peer social support and the motivation of the nursing graduate to continue the Nurse Profession at Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau p-value 0.002 <0.05 with a moderate correlation coefficient. The conclusion is that there is a relationship between peer interest and social support with the motivation of prospective nursing graduates to continue the Nurse Profession at Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau in 2020.

References

A.M, Sadirman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT. Rajagrafindo; Jakarta

Ahmad, jumal. 2019. Cara Membuat Kuesioner Penelitian. Dari https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/tag/asumsi-asumsi-penelitian-kuantitatif/ Diperoleh tanggal 29 April 2020.

AIPNI. 2012. Kurikulum inti pendidikan Ners indonesia : Jakarta

AIPNI. 2015. Kurikulum inti pendidikan Ners indonesia : Jakarta

Arisando, Rio. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Calon Sarjana Keperawatan Untuk Melanjutkan Profesi Ners. Skripsi. RIAU: STIKes Tuanku Tambusai Riau.

Budikuncoroningsih, Sulistiyowati. 2017. Pengaruh Teman Sebaya Dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas Siswa Di Sekolah Dasar Gugus Sugarda: I (2): 85 – 92.

Dewa Ayu Dwi Chandra Yadnya Sari, 2015. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas jember: Universitas Jember

Intening, VR.. Defianna SR. 2017 Hubungan Minat Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Melanjutkan Program Profesi Ners Pada Mahasiswa Tingkat IvS-1. 5( 2): 59-66

Isnawati, Dian. 2013. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun Pada Karyawan PT Pupuk Kaltim. Dari Http://Journal.Unair.Ac.Id/Filerpdf/110810263_Ringkasan.Pdf

Khasan, IN. 2016. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dan Harapan Dengan Minat Mahasiwa Untuk Melanjutkan Profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan: UMP

Kementrian Kesehatan. 2017. Infodatin Perawat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI: 2017

Lengkong, Amelia. 2018. Kuesioner minat melanjutkan program profesi ners. Dari https://id.scribd.com/document/369894376/Kuesioner-Minat-Melanjutkan-Program-Profei-Ners [diakses 28 April 2020]

Maziyah,Fa’izatul. 2015. Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Kecemasan Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa NU Tuban. Skripsi. Malang: UIN MMI

Nasikin, Arif. Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Keperawatan Tingkat Akhir. Sripsi. Kalimantan Timur : UM

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo,S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. 2011. Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. (2012). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 3. Salemba Medika: Jakarta

Nurul Afifah, 2016. Hubungan Pencapaian Hasil OSCE Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners Pada Mahasiswa Angkatan 2013. Skripsi. Di PSIK FKIK: UMY

Pradipta, WR. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. S1 Thesis. Fakultas Ekonomi: UNY

Pramudita, F.A. 2016. Hubungan Antara Minat Dan Persepsi Terhadap Motivasi Melanjutkan Ners Pada Mahasiswa Keperawatan. FIK: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ratnasari, IW. 2017. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa –Siswi SMA Negeri 11 Samarinda. 5(2): 247-267

Rina Mardiani, 2019. Analisis Data Dalam Pengkajian Proses Keperawatan Dari File:///C:/Users/Hp/Downloads/3.%20analisis%20data%20dalam%20pengkajian %20proses%20keperawatan.Pdf [diakses 26 April 2020]

Saam, Z dan Wahyuni, S. 2012. Psikologi keperawatan. Cetakan I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sandra, Rhona. 2017. Faktor-Faktor Berhubungan Dengan Motifasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ners. Dari

file:///C:/Users/Hp/Documents/SEMESTER%208/SKRIPSI/kumpulan%20penting/faktor2%20yg%20berhubungan%20dg%20melanjutkan%20profesi%20ners.pdf [diakses 17 juni 2020]

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susilowati, Tri. 2014. Hubungan Dukungan Teman Sebaya (Peer Group) Dengan Minat Mahasiswa Mengikuti Program Profesi Ners. Dari

file:///C:/Users/Hp/Documents/SEMESTER%208/SKRIPSI/kumpulan%20penting/hubungan%20dukungan%20sosial%20terhadap%20minat%20melanjutkan%20ners.pdf [diakses 17 juni 2020]

Sulistiyowati B, Ana A, Sriyanto. 2017. Pengaruh Teman Sebaya Dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas Siswa Di Sekolah Dasar Gugus Sugarda. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Vol I Nomor 2, September 2017 (85 – 92).

Suhirno. 2011. Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Ototronik Di SMKN 1 Seyegan. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Suparyanto. 2014. Pengukuran motivasi. Dari

http://dr-suparyanto.blogspot.com/2014/06/pengukuran-motivasi.html [diakses 1 mei 2020]

Wulandari, Puput. 2013. Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Keperawatan Untuk Mengikuti Program Profesi. FIK : UI

Yatnasari, Reni, dkk. 2016. Hubungan Motivasi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Dengan Minat Melanjutkan Studi Profesi Ners. Dari file:///C:/Users/Hp/Documents/SEMESTER%208/SKRIPSI/kumpulan%20penting/hubungan%20motivasi%20mahasiswa%20melanjutkan.pdf [diakses 17 juni 2020]Life.Diakses pada tanggal 10 Maret 2020 dari http//www.whoqol.breff.org.

Yosi, Rismawati, Ferawati.(2012).Fisiologi dan Gangguan Keseimbangan Natrium, Kalium

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

MUTIA, M. S., VIRGO, G., & SYAFRIANI, S. (2020). HUBUNGAN MINAT DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI CALON SARJANA KEPERAWATAN UNTUK MELANJUTKAN PROFESI NERS DI UNIVERSITAS PAHLAWAN. Jurnal Ners, 4(2), 96–101. https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1119