Analisis kestabilan Lereng Batuan Jalan Raya Alas Mata Air Tawar dengan Metode RMR (Rock Mass Rating) dan Analisis Kinematika

Authors

  • Helda Afrilia Prodi Teknik Sipil, UTS
  • Sayidatina Hayatuzzahra Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral, Program Studi Teknik Pertambangan, UTS
  • Dedy Dharmawansyah Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral, Program Studi Teknik Pertambangan, UTS

DOI:

https://doi.org/10.31004/jutin.v6i3.16188

Abstract

Kestabilan lereng penting untuk keamanan serta keselamatan masyarakat yang beraktivitas di sekitaran lereng terlebih kestabilan lereng yang terletak di samping jalan raya. Lokasi penelitian berada di Jalan Raya Alas Mata Air Tawar Alas – Sumbawa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas massa batuan, perlakuan yang dapat diterapkan serta potensi jenis longsor pada lereng. Lereng penelitian dibagi menjadi 3 scanline untuk menganalisis dengan metode RMR, analisis kinematika dan 1 bagian lereng yang dianalisis menggunakan metode. Kualitas masa batuan pada lereng penelitian dikategorikan dalam batuan cukup baik yang berpotensi mengalami longsor bidang sebesar 5,37% dan longsor baji sebesar 29,50%. Perlakuan yang dapat diterapkan terhadap lereng penelitian berupa penggunaan shotcrete dan roctbolt. Dikarenakan potensi longsor yang dikatakan masih kecil maka perlakuan shotcrete dan rockbolt dapat digantikan dengan cara melakukan perbaikan terhadap geometri lereng yaitu dengan mengurangi sudut kemiringan lereng.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Afrilia, H. ., Hayatuzzahra, S. ., & Dharmawansyah, D. . (2023). Analisis kestabilan Lereng Batuan Jalan Raya Alas Mata Air Tawar dengan Metode RMR (Rock Mass Rating) dan Analisis Kinematika. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 6(3), 628–635. https://doi.org/10.31004/jutin.v6i3.16188

Issue

Section

Articles of Research