PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAKTERHADAP SANTRI DAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN SYEKH BURHANUDDIN KUNTU DARUSSALAM DI MASA PENDEMI COVID-19

Authors

  • Rio Saputra Universitas Ahmad Dahlan
  • Sutarman Sutarman Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.9986

Keywords:

Pendidikan, Akhlak, Pendemi Covid-19, Pondok Pesantren

Abstract

Penilitian ini di latar belakangi dengan persoalan santri dan santriwati Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Darusslam bahwa pentingnya tentang persoalan menerapkan pendidikan akhlak terhadap santri dan satriwati terutama di masa pendemi covid ini. Bahwa permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini kurang nya dalam penerapan tentang pendidikan akhlak dan juga sampai pada hari ini di persulit lagi dengan keadaan pendemi Covid-19, disini peneliti menemukan bahwa pesantren adalah tempat yang tepat untuk menerapkan sistem pendidikan Akhlak dikarenakan pesantren merupakan salah satu sekolah yang dikenal tentang penerapan agama terhadap santri dan santriwati nya. Penelitian ini bertujuang untuk mengetahui sejauh mana santri dan santriwati menerapakan ajaran pendidikan akhlak yang sudah di berikan oleh para Abuya, kyai, ustadz dan ustadzah nya. Terutama di masa pendemi covit yang seluruh sekolah terkena dampak dalam memberikan pendidikan. Data yang dikumpulkan peneliti yaitu, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini melihat bahwa sulitnya dalam menerapkan pendidikan akhlak di masa pendemi ini lantaran terhalang nya santri dan santriwati untuk belajar tatap muka dengan para gurunya.

References

Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan, Teori Kepribadian, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 220.

Rahmat Djatmika, Sistem Ethika Islam, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1996), hlm. 11

Masrifah, Internalisasi Nilai nilai Akhlak pada santri di Pondok Pesantren Putri Al Hikma 2 Benda Sirampog Brebes ( Skripsi Tarbiyah / PAI, IAIN Walisongo di Semarang, Juni 2010).

Nurdin Mulyadi, Niara Haura, Pengertian Pendidikan, Ma’some University Bandung 2019.

Amin Nuneifi Elfachmi, Pengantar pendidikan, Penerbit Erlangga, Jl. H. Baping Raya No 100. Ciracas. Jakarta 13740, hlm 13.

Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996), hlm. 61.

Syarifah Habibah, Akhlak Dan Etika Dalam Isalm, jurnal Pesona Dasar, vol. 1 No. 4, Oktober 2015, hal 73 – 87

Ibid, hlm 74

Alfianoor Rahman, Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Jurnal At-Ta’dib, Vol. 11, No. 1, Juni 2016.

Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung :PT. Refika Aditama, 2009), hlm. 29.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Saputra, R. ., & Sutarman, S. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAKTERHADAP SANTRI DAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN SYEKH BURHANUDDIN KUNTU DARUSSALAM DI MASA PENDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 164–168. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.9986