PENGARUH STATUS EKONOMI ORANG TUA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SEKECAMATAN RANTAU KOPAR KABUPATEN ROKAN HILIR

Authors

  • Cipta Fitrah Haryati Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Enda Pupitasari Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.879

Keywords:

Status Ekonomi Orang Tua, Perilaku Sosial Anak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status ekonomi orang tua dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Sekecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Teknik analis data menggunakan metode chisquare/chi kuadrat (x^2) dengan program IBM SPSS Statistik Ver.22 . Dari hasil penelitian diketahui tingkat perilaku sosial anak berada dalam kategori cukup dengan nilai persentase 69.59%. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status ekonomi orang tua dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Sekecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien determinasi yaitu KD= r2x100%=0,4962x100%= 24,60%. Maka dapat disimpulkan pengaruh antara status ekonomi orang tua dengan perilaku sosial anak asia 5-6 Tahun di TK Se Kecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir sebesar 24,60% sedangkan 75,40% diperngaruhi oleh faktor lain.

Author Biographies

Cipta Fitrah Haryati, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Daviq Chairilsyah, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Enda Pupitasari, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Abu Hamadi. 2002. Psykologi Sosial. Rineka Cipta. Jakarta.

Ahmad Susanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta.

Bambang Sujiono dan Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Yayasan Citra Pendidikan Indonesia. Jakarta.

Cholid Narbuko. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta. Bumi Aksara.

Dimyanti. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Edy Suandi. 2005. Ekonomi Indonesia. Yogyakarta. UII Press.

Esti Kurniawati Mahardika. 2014. Peningkatan Perilaku Sosial Anak Melalui Permainan

Tradisonal Jawa. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung. PT Refika Aditama.

Hera Lestari Mikarsa dkk. 2009. Pendidikan Anak di SD. Univeritas Terbuka. Jakarta.

Hurlock. Elizabeth. 2006. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga.

Hurlock, E B. 2002. Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang

kehidupan. Surabaya. Erlangga.

Iqbal Hasan Misbahuddin. 2013. Analiis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.

Jakarta.

J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto. 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan Edisi

Ketiga. Prenada Media Group. Jakarta.

Nizar. Muhammad. 2013. Perilaku Sosial dan Emosional Anak Usia Dini.

Novita Setyowati. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Sosial Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013i. http://eprints.ums.ac.id/25321/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf ( Diakses 20 september 2018).

Ria Elyana. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kesuma Segalamider Tanjung Karang Barat.

Syofian Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Ulfat Sakina. 2019. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Sosial Anak di TK Harapan Maju Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. JOM FKIP. 6(1): 1-14. UR.

Vita May Lestari. 2017. Efektifitas konsling kognitif – behavior untuk meningkatkan perilaku sosial siswa disekolah menengah atas negeri 12 pekanbaru.

Winta Sari. 2017. Hubungan status ekonomi orang tua dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK negeri pembina 3 pekanbaru.

Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Haryati, C. F., Chairilsyah, D., & Pupitasari, E. (2020). PENGARUH STATUS EKONOMI ORANG TUA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SEKECAMATAN RANTAU KOPAR KABUPATEN ROKAN HILIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 132–140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.879