PROBLEMATIKA AKHLAK DALAM KEHIDUPAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA

Authors

  • Sumiah Nasution Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5930

Keywords:

Problematika, Akhlak, Mahasiswa.

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya berbagai siswa yang terkondisikan moral dalam proses belajar mengajar. apa upaya Guru dalam menanggulangi problematika akhlak mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta timur serta upaya penanggulannya. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui problematika akhlak mahasiswa universitas Indraprasta PGRI Jakarta Timur dan mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi problematika akhlak mahasiswa. Untuk mendapatkan hasil penelitian ini penulis menggunakan metodekualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah primer dan skunder. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang di temukan : 1. Problematika akhlak siswa ialah :Kurangnya rasa hormat siswa, Tidak disiplin siswa, Tidak berkata jujur (Bohong),;Memanggil nama dengan sebutan lain, Berkelahi sesama siswa, Merusak fasilitas sekolah; Tidak mengerjakan pekerjaan rumah, Ribut dalam kelas dan Buang sampah sembarangan. 2. Upaya guru dalam menanggulangi problematika akhlak siswa ialah Memberikan nasehat kepada siswa secara berkesinambungan, memberikan contoh kepada siswa, memberikan hukuman kepada mahasiswa dan melakukan pengawasan kepada mahasiswa.

References

Alsa, A. (2003). Pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi Mahasatya.. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Moleong, L. J. (n.d.). Metodologi Penelitian Kualitatif,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), cet. Ke-13, H, 111.

Nasir, M. (2003). Metode Penelitian Jakarta: Ghalia Indonesia.

Zahruddin, A. R., & Sinaga, H. (2004). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-08-10

Versions

How to Cite

Nasution, S. . (2022). PROBLEMATIKA AKHLAK DALAM KEHIDUPAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 129–133. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5930 (Original work published June 30, 2022)