This is an outdated version published on 2022-06-30. Read the most recent version.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Christene Masada H.T Universitas Indraprasta PGRI
  • Anggia Evitarini Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5347

Keywords:

Membaca, Teknik Skimming, Teknik Scanning.

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan semua orang. Seperti yang kita tahu bahwa membaca merupakan salah satu bentuk kemampuan dan ketrampilan. Jika kemampuan dan ketrampilan membaca siswa-siswi dinyatakan buruk hal tersebut merupakan salah satu diantara kesulitan belajar. Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa-siswi dengan ini Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas, Universitas Indraprasta PGRI melakukan kegiatan peneitian kepada siswa-siswi SMP Bunda Kandung, Jakarta Selatan yaitu dengan  Layanan Informasi dan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Teknik Skimming dan Scanning Di SMP Bunda Kandung, Jakarta Selatan. Salah satu layanan yang dapat difungsikan adalah Layanan Informasi (Info) memiliki manfaat yang sangat besar di dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Manfaat ini dirasakan baik bagi peserta didik yang menjadi obyek pelayanan Bimbingan dan Konseling maupun Guru Bimbingan dan Konseling itu sendiri dimana layanan Informasi (Info) sangat membantu konselor dalam memberikan layanan yang efisien, hal ini  dikarenakan dengan waktu yang bersamaan Guru Bimbingan dan Konseling dapat memberikan Bimbingan dan Konseling melalui layanan informasi (Info) kepada sejumlah individu/peserta didik. Metode penelitianya mengunakan survey dan studi kasus bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  membaca agar memperoleh pemahaman tentang cara membaca yang benar.

References

Hilda, K. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Al-Zahra Indonesia Pamulang Pada Tahun Pelajaran 2013/2014.

Pendidikan, P. M. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-Undangan Dan.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 3.

Wiryodijoyo, S. (1989). Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2022-06-30

Versions

How to Cite

H.T, C. M. ., & Evitarini, A. . (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 114–119. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5347