DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MANAJEMEN KURIKULUM DI SMA BINA INSAN MANDIRI BARON NGANJUK

Authors

  • Wijaya Kurnia Santoso SMA Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5291

Keywords:

Kepemimpinan transformasional, Kurikulum, Kepala Sekolah

Abstract

Kepala sekolah merupakan pemimpin pada satuan pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah disandarkan kepada salah satu teori atau model kepemimpinan. Salah satu model kepemimpinan adalah kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan mampu mengubah energi sumber daya, baik manusia, instrumen, maupun situasi untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan transformasional memiliki sifat-sifat: kharismatik, kekuatan membangkitkan inspirasi, kemahiran merangsang intelektual para bawahan secara aktif, bersifat tenggang rasa secara individu. Kepemimpinan transformasional memiliki ciri-ciri: memiliki visi, indviidualized consideration, inspirational motivation, intelektual simulation. Penerapan gaya kepemimpinan transfomasional Kepala sekolah terlihat pada: kemampuan merumuskan visi, misi, dan program sekolah, menjadi agen perubahan, memiliki kharisma, memiliki empatik, merangsang intelektualitas dan menumbuhkan kreativitas, memberi kesempatan kepada semua unsur di sekolah. Penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah membawa pengaruh kepada menyelenggarakan proses pembelajaran yang secara profesional. Termasuk penerapan kurikulum di SMA Bina Insan Mandiri yang membutuhkan ke khasan sesuai dengan ciri khas sekolah. Sehingga membawa SMA Bina Insan Mandiri menjadi Top 1000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik dari 21.302 sekolah tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat di tahun 2020.

References

Agribisnis di Masa depan. AGRIMEDIA, Vol. 5, No. 1

Ahmad, Muhammad. 1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia Avolio, B.J., B.M. Bass, D.I. Jung, Re-Examining the Components.

B.M. Bass. 1997. Personal Selling and Transactional/Transformational Leadership. Journal of Personal Selling & Sales Management. Vol. XVII

Drucker,P.F. 1996. The Efective Executive. New York : Harper & Row

F. Luthans, Perilaku Organisasi. 2006. Terjemahan Vivin Andika, dkk. Yogyakarta : Penerbit Andi

Harbani, P. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.Malang: Erlangga.

Humphreys, J.H. 2005. Contextual Implications for Transformational and Servant Leadership: A Historical Investigation. Management Decision, Vol. 43, No. 10, pp

J.C. Sarros, and J.C. Santora. 2001. The Transformational-transactional Leadership model in Practice. Leadership & Organizational. Development Journal

J.S. Pounder. 2001. “New Leadership” and University Organizational Effectiveness: Exploring the Relationship. Leadership & Organization Development

Moeljono, Djokosantoso. 13 Konsep Beyond.

Mujamil Qomar. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pendidikan Islam

N. Jabnoun, and H.A. Al-Ghasyah. 2005. Leadership Styles Supporting ISO 9000 : 2000. The Quality Management Journal

Pawar Avinash. (1996). Transformational Leadership: Inspirational, Intellectual and Motivational Stimulation in Business. International Journal of Enhanced Research in Management & Computer Vol. 5.

Yukl, Gary. 2010. Kepemimpinan Dalam Organisasi; terj. Budi Supriyanto. Jakarta: PT. Indeks

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-08

Versions

How to Cite

Santoso, W. K. . (2022). DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MANAJEMEN KURIKULUM DI SMA BINA INSAN MANDIRI BARON NGANJUK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 108–113. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5291 (Original work published June 30, 2022)