This is an outdated version published on 2022-06-25. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MOODLE SEBAGAI SARANA PENDUKUNG BLENDED LEARNING MAHASISWA

Authors

  • Dedi Holden simbolon Universitas Quality
  • Rita Herlina Br PA Universitas Quality

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4671

Keywords:

LMS Moodle, Blanded Learning, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan LMS Moodle untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa selama pembelajaran berbasis Blanded Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development. Prosedur dalam penelitian adalah tahap identifikasi masalah, pengumpulan data, desain, validasi media, revisi media, validasi materi, revisi materi, uji coba siswa, revisi produk, dan produk akhir.  Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa yang dilakukan mendapatkan persentase sebesar 85,45% dalam kategori sangat membutuhkan media pembelajaran berbasis moodle  tujuannya agar pembelajaran lebih fleksibel, bisa dibuka/ diakses setiap saat, terhubung internet (online). Selain itu di dalamanya terdapat materi dan assignment, chatting, forum diskusi, dan detail disertai visualisasi. Dicantumkan juga kompetensi yang harus dikuasai dan tujuan pembelajaran, pengunggahan materi atau tugas di moodle dalam berbagai format, serta ada evaluasi dalam media pembelajaran serta pemberian umpan balik yang yang dapat memperlihatkan skor/nilai untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 95% dan ahli media sebesar 94% dalam kategori sangat valid yang berarti sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemudian berdasarkan uji persepsi mahasiswa sebesar 93,23% dalam kategori sangat valid yang berarti sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Abar, C. A. A. P., dan Carnevale de Moraes, U. 2019. Flipped Classrooms and MOODLE: Digital Technologies to Support Teaching and Learning Mathematics. Acta Didactica Napocensia. 12(2), 209– 216

Bariah, S.H. dan Imania, K.A.N. 2018. Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle Pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal PETIK. 4(2). Hal. 106-113

Bryan, A., dan Volchenkova, K. N. 2016. Blended Learning: Definition, Models, Implications for Higher Education. Bulletin of the South Ural State University

Series “Education. Education Sciences,” 8(2). Hal. 24–30

Darmawan, D. (2014). Pengembangan elearning: teori dan desain. Bandung: Rosda.

Diana, E. dan Rofiki, M. 2020. Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran. 3(2). Hal. 336 - 342

Effendi, E. dan Hartono, Z. 2015. E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi Offset. Yogyakarta.

Farman, F., dan Chairuddin, C. 2020. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872.

Fauzi, Asri, Rahmatih, A. N., Indraswati, D., dan Husniati. 2020. Penalaran analogi mahasiswa

PGSD dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 11(2). Hal. 323–334.

Istiqomah, J. Y. N., & Indraini, E. 2021. Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran

Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 670–681.

Karwati, E. 2014. Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi. 17(1). Hal. 41–54.

Purmadi, A., & Hadi, M. S. (2018). Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(2). Hal. 135-140.

Rahmatih, A. N., Fauzi, A., dan Ermiana, I. 2020. Hubungan Motivasi dan Kemandirian Belajar

Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar. 28(2). Hal. 76–83.

Rizal, M.S. dan Mufarizuddin. 2021. Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 018 Langgini Bangkinang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP). 4(1). Hal. 186–189.

Sahni, J. 2019. Does Blended Learning Enhance Student Engagement? Evidence from

Higher Education. Journal of ELearning and Higher Education, 2019. Hal. 1–14.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuaji, N. R., dan Taram, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle pada Materi Program Linear untuk Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 6(5), 189–194.

Wicaksana, E. 2020. Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid-19. EduTeach?: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran. 1(2). Hal. 117–124.

Wijayanti, W., Maharta, N., dan Suana, W. 2017. Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1)

Yanah, P. A., Nyeneng, I. D. P., dan Suana, W. 2018. Efektivitas Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah). 2(2). Hal. 65–74.

Downloads

Published

2022-06-25

Versions

How to Cite

simbolon, D. H., & Br PA, R. H. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MOODLE SEBAGAI SARANA PENDUKUNG BLENDED LEARNING MAHASISWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 60–67. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4671