This is an outdated version published on 2022-06-05. Read the most recent version.

ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) di PAUD

Authors

  • Nurhamidah Nurhamidah Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4548

Keywords:

Manajemen, PTMT, PAUD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajeman pembelajaran yang dilakukan pada masa Pembelajarann Tatap Muka Terbatas (PTMT) di PAUD Kecamatan Tandun Kabupaten Roka Hulu Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan 5 orang guru dan 2 orang kepala sekolah. Adapun penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, mulai bulan April sampai bulan Mei. Hasil penelitian penyimpulkan bahwa manajemen pembelajarann untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dilakukan dalam tiga tahapann yaitu : Perencanaan, pelaksanaan dan alat evaluasi. Selain itu guru sangat diharapkan menciptakan kultur belajar yang baru bagi anak usia dini.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Dayal, H. C., & Tiko, L. (2020). When are we going to have the real school? A case study of early childhood education and care teachers' experiences surrounding education during the COVID-19 pandemic. Australasian Journal of Early Childhood, 45(4), 336- 347. https://doi.org/10.1177/1836939120966085

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3.

Fitri, M., & Abdul Latif, M. (2021). Adaptive Learning for Early Childhood Education during the COVID-19 Pandemic in Aceh Jaya District: Online vs. Offline. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 27-38. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-03

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Pratiwi, Z. M. E. (2015). Institut Agama Islam Negeri. 57168.

Rohita, R., & Nurfadilah, N. (2018). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak- Kanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 53. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.255

Suryana, D. (2013a). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik Pembelajaran.

Suryana, D. (2013b). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).

Suryana, D. (2014a). Hakikat anak usia dini. Dasar-Dasar Pendidikan TK, 1, 5–10.

Suryana, D. (2014b). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 2(1), 65–72.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106

Downloads

Published

2022-06-05

Versions

How to Cite

Nurhamidah, N., & Suryana, D. . (2022). ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) di PAUD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 19–23. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4548