IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN TERPADU DI SMP IT MAKASSAR ISLAMIC SCHOOL

Authors

  • Diva Arini K Universitas Negeri Makassar
  • Putri Nursabila Universitas Negeri Makassar
  • Felisya Lingling Universitas Negeri Makassar
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Ahlun Ansar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38119

Keywords:

Sekolah Islam Terpadu, Pendidikan Terpadu, Pengembangan Karakter Islami

Abstract

Artikel ini membahas mengenai model pendidikan di SMP IT Makassar Islamic School. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi rencana strategis, kurikulum, kesiswaan, tenaga pendidik, hubungan masyarakat, budaya sekolah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan di lembaga tersebut dengan menggunakan metode Kualitatif. Hasil observasi menunjukkan bahwa SMP IT Makassar Islamic School menerapkan pendekatan pendidikan terpadu yang mengintegrasikan ilmu umum dan agama, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya model pendidikan terpadu dalam membentuk generasi yang cerdas dan berakhlak..

References

Ari Nugroho, B. T. (2017). Integration of Islamic education with science and technology in Islamic junior high school. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 1–27. https://doi.org/10.18326/mdr.v9i1.1-27

Faqihuddin, A., & Afriatien, A. T. S. (2021). MENAKAR INTEGRASI ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU. Taklim, 19 No 2.

Ismael, F., & Iswantir, I. (2022). KONSEP PENDIDIKAN SEKOLAH ISLAM TERPADU. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.30

Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2021). SEKOLAH ISLAM TERPADU: PERKEMBANGAN, KONSEP, DAN IMPLEMENTASI (No. 1). 4(1), Article 1. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/86

Kurniawan, R. (2020). SEKOLAH ISLAM TERPADU PRESPEKTIF MULTIDISIPLINER. Mamba’ul ’Ulum, 40–51. https://doi.org/10.54090/mu.4

Lubis, A. (n.d.). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.

Lubis, A. (2019). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA, 4(2), 1077–1095. https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i2.60

Nuralim, N. (2022). Manajemen kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.7646

Rojii, M., Istikomah, I., Aulina, C. N., & Fauji, I. (2019). DESAIN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo). Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.667

Septiawati, D., & Suradika, A. (2022). PRAGMATISME DAN KONSEP SEKOLAH ISLAM TERPADU. Perspektif, 1(6), 625–636. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i6.155

Suyatno, S. (2016). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Al-Qalam, 21(1), 1. https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.213

View of MODEL PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (STUDI KASUS DI SDIT AL-BIRUNI MAKASSAR). (n.d.). Retrieved 25 November 2024, from https://jurnaldialog.kemenag.go.id/index.php/dialog/article/view/43/23

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

K, D. A. ., Nursabila, P. ., Lingling, F. ., Munandar, A. ., & Ansar, A. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN TERPADU DI SMP IT MAKASSAR ISLAMIC SCHOOL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17841–17848. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38119