IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN TERPADU DI SMP IT MAKASSAR ISLAMIC SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38119Keywords:
Sekolah Islam Terpadu, Pendidikan Terpadu, Pengembangan Karakter IslamiAbstract
Artikel ini membahas mengenai model pendidikan di SMP IT Makassar Islamic School. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi rencana strategis, kurikulum, kesiswaan, tenaga pendidik, hubungan masyarakat, budaya sekolah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan di lembaga tersebut dengan menggunakan metode Kualitatif. Hasil observasi menunjukkan bahwa SMP IT Makassar Islamic School menerapkan pendekatan pendidikan terpadu yang mengintegrasikan ilmu umum dan agama, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya model pendidikan terpadu dalam membentuk generasi yang cerdas dan berakhlak..References
Ari Nugroho, B. T. (2017). Integration of Islamic education with science and technology in Islamic junior high school. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 1–27. https://doi.org/10.18326/mdr.v9i1.1-27
Faqihuddin, A., & Afriatien, A. T. S. (2021). MENAKAR INTEGRASI ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU. Taklim, 19 No 2.
Ismael, F., & Iswantir, I. (2022). KONSEP PENDIDIKAN SEKOLAH ISLAM TERPADU. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.30
Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2021). SEKOLAH ISLAM TERPADU: PERKEMBANGAN, KONSEP, DAN IMPLEMENTASI (No. 1). 4(1), Article 1. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/86
Kurniawan, R. (2020). SEKOLAH ISLAM TERPADU PRESPEKTIF MULTIDISIPLINER. Mamba’ul ’Ulum, 40–51. https://doi.org/10.54090/mu.4
Lubis, A. (n.d.). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.
Lubis, A. (2019). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA, 4(2), 1077–1095. https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i2.60
Nuralim, N. (2022). Manajemen kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.7646
Rojii, M., Istikomah, I., Aulina, C. N., & Fauji, I. (2019). DESAIN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo). Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.667
Septiawati, D., & Suradika, A. (2022). PRAGMATISME DAN KONSEP SEKOLAH ISLAM TERPADU. Perspektif, 1(6), 625–636. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i6.155
Suyatno, S. (2016). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Al-Qalam, 21(1), 1. https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.213
View of MODEL PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (STUDI KASUS DI SDIT AL-BIRUNI MAKASSAR). (n.d.). Retrieved 25 November 2024, from https://jurnaldialog.kemenag.go.id/index.php/dialog/article/view/43/23
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diva Arini K, Putri Nursabila, Felisya Lingling, Aris Munandar, Ahlun Ansar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.