HAKIKAT AL-INSAN DALAM AL-QURAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (TELA’AH SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1-5)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37890Keywords:
Hakikat al-Insan, Al-Qur’an, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual hakikat al-insan dalam al-Qur’an (Q.S Al-‘Alaq ayat 1-5) dan implementasinya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini sangat perlu dilakukan untuk mengetahui apakah al-Insan memiliki potensi untuk memiliki ilmu pengetahuan dan mengembangkan potensi diri dan untuk meluruskan pemikiran sebagian orang bahwa manusia tidak hanya memiliki sifat lupa dan lupa. Adapun metode penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu memaparkan secara mendalam dengan secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan mengkaji hakikat manusia. Selain itu, sumber daya manusia memegang peranan besar terhadap kesejahteraan dan kemakmuran dunia. Sementara di sisi lain, keunikan manusia membuat penelitian ini menjadi penting dilakukan. Dengan menelaah isi kandungan al-Qur’an khususnya surat Al-Alaq ayat 1-5, sedangkan yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah bahwasanya al-Insan diciptakan dari segumpal darah yang hina kemudian Allah jadikan menjadi makhluk paling mulia diantara semua makhluk lainnya, setiap manusia memiliki hak dan tanggung jawab di atas muka bumi, setiap manusia memiliki potensi untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya, dalam pembelajaran sebagai seorang murid dan guru ditekankan untuk memperbaharui niatnya setiap saat dan tujuan pembelajaran tidak terlepas dari mengesakan Allah SWT serta senantiasa mengharap rahmat dan ridhanya.References
Abdurrahman, Aisyah, Manusia, Sensitivitas Hermeneutika al-Qur’an, terj. M.
Adib al-Arif, Yogyakarta : LKPSM, , cet. I (1997)
Abdul Haris. “Panggilan Quran Kepada Umat Manusia.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 6(1): 2018 15. doi: 10.37064/jpm.v6i1.4985. (2018)
Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) Abdullah, “Tafsir Al-Azhar, Juz 9” th ed. (singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd, (2001)
Abdullah Malik Karim Amrullah. “Tafsir Al-Azhar Juzu'10.” Jakarta: Pustaka Panjimas (1985)
Abi al-Hasan Ali Muhammad bin Habib al-Mawardi al-Bishri, (1995)
Achmad Mubarok, “Psikologi Dakwah,” (Jakarta: Pustaka Firdaus, (2002).
Ahmad Shale Lubis. “Konseling Pendidikan Islam (Perspektif Wahdatul ’Ulum)”. Medan: Perdana Publishing, (2021)
Al Ragib Al Asfahani, “Mufradat Alfaz al Quran,” (2001)
Almahfuz. “Konsep Penciptaan Manusia Dan Reproduksi Meneurut Al-Qur’an.” Rusydiah 2(1): (2021)
Ar-Raghib Al-Ashfahani, “Kamus Al-Qur’an,” ed. Ahmad Zaini Dahlan, 1st ed. (Depok: Pustaka Kahzanah Fawa’id, (2017)
Damayanti, Eka, Nuryamin Nuryamin, Hamsah F, and Suriyati Suryati..
“Hakikat Manusia (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 13(1): (2021)
Elizabeth Kristi. “Hakikat Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. Vol. 8, No. 1, Maret (2022)
Imroatus Sholikha Azzuhriyyah, Achmad Khudori Soleh. “Konsep Manusia Sebagai Al-Basyar Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Studi Islam Vol. 08 No. 02 (2023)
Irfaan, Santoso. “Konsepsi Alquran Tentang Manusia.” Jurnal Hunafa 4(3): (2007)
Iskandar dan Najmuddin, “Pendidikan Humanistik Dalam Al-Quran Kata Insan, Basyar,
Dan Bani Adam,” Lentera 14, no. 2 (2014)
Joko Subagyo, Metodologi Penelitian Teori dan Praktek, (Jakarta: Rhineka Cipta, (1991)
Kadar M. Yusuf, Psikologi Quran (Jakarta: Hamzah, (2019)
Kurniawati, Urip Meilina, and Maemonah Maemonah. “Analisis Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dasar: Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 6.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8(1):51. doi: 10.24252/auladuna.v8i1a5.(2021)
M Dawam Rahardjo, Rahardjo, M Dawam. 2002. Ensiklopedi Al-Qur’an Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci (Jaka: Paramadina, (2002)
M. Qurash Shihab, “Tafsir al-Qur’an al-Karim : Tafsir atas Surat-Surat Pendek
Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu”, (Bandung : Pustaka Hidayah, cet. II, (1997)
Miftah Sarif, “Hakikat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam”, Al-Thariqah Vol.2 No.2, (2017)
Muhammad Al-Baqi, Mu’jam Al-Mufahras Li Al-Fazi AlQur’an Al-Karim, (2005)
Muhammad Farid Wajdi, “Dairah Ma’arif al-Qur’an, juz I,” (Bairut : Dar al-Ma’rifah, cet. II, (1981)
Muhammad Ibrahim Al-Hifnawi, Tafsir Al-Qurtubhi, ed. Mahmud Hamid Utsman, 7th ed.
(Jakarta: Pustaka Azzam, (2008)
Muhlasin. “Konsep Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an”. Idarotuna,Vol. 1.No. 2.( 2019)
Nuryamin, Nuryamin.. “Kedudukan Manusia Di Dunia (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam).” Al-Ta’dib 10(1) : (2017)
Ramayulis & Nizar, S. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dam Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia. (2011)
Saihu “Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari.” Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1, No. 2 (2019)
Samsul Nizar, “Filsafat Pendidikan Islam:” Pendekatan Historis, Teoritis,dan Praktis,
(Jakarta : Ciputat Press, cet. I, (2002)
Muhammad Shaleh, Dawam. “Manusia Dalam Al-Qur’an.” Al-I’jaz?: Jurnal
Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman 1(2): (2019)
Eliana Siregar. “Hakikat Manusia” (Tela’ah Istilah Manusia Versi AlQur’an Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan) Islam).” Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 20: (2017)
Syamsul Rizal, “Melacak Terminologi Manusia Dalam Alquran,” At-Tabyan 2, no. 2 (2017)
Syarif, Miftah. “Hakekat Manuisa Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam.” AlThariqah 2, no. 2 (2017)
Tang, Ambo. “Hakikat Manusia Dan Potensi Pedagogik” (Tafsir Q.S. Al-Nahl: 78).” Agustus 1(2) (2022)
Tiara Anggraini, Della Marsya Pratama. “Menganalisis Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Tentang Belajar.(2010)
Berdasarkan Tafsir Tarbawi”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume. 2 No. 3, (2019)
Watsiqotul, Sunardi, and Leo Agung, “Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah Di Muka Bumi Perspektif Ekologis Dalam Ajaran Islam,” Penelitian 12, no. 2 (2018).
Yusuf, K. M. “Psikologi Qur’ani.” Jakarta: Amzah. (2019)
Zainur. “Konsep Dasar Kebutuhan Manusia Menurut Persfektif Ekonomi Islam.” Jurnal An-Nahl 7(1): (2020)
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam : Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis,
(Jakarta : Ciputat Press, cet. I, (2002)
Abbas Mahmud al-Aqqad, Haqiqoh al-Insan wa Abati al-Khusumah, (Beirut : Dar alKutub al-Arabiyah, (1996)
Ar-Raghib al-Asfahani, Mu’jam Mufradat Alfadz al-Qur’an, (Beirut : Dar al-Fikr, tt)
Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori Pendidikan Menurut al-Qur’an, alih bahasa :
M. Arifin dan Zainuddin, (Jakarta : Rineka Cipta, ), cet. I (1990)
Ayilzi Putri1 , Muhammad Alfiansyah2 , Siti Aisyah Panjaitan3 , Alde Rizky Pratama Siregar4 , Aloken Marwahta Br Ginting. Perintah Belajar dan Mengajar dalam Q. S. Al-‘Alaq Ayat 1-5 Menurut Tafsir Ath-Thabari. Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol.7, 3 (Juli-September, 2023)
Harahap, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung (2022).
Hermawan, A. Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna, (2014).
Sagala, A. H. Kewajiban Belajar Mengajar Perspektif Hadis Nabi. Pena Cendikia, 5 (1), 32–38. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/pena/issue/view/56 (2022).
Taufik, M. Konsep Belajar Mengajar dalam Al-Qur’an: Telaah Implikasi Edukatif QS. Al-’Alaq (96): 1-5. Ulumuna: Journal of Islamic Studies, 11(2), 389–412. https://doi.org/10.20414/ujis.v11i2.408 (2007).
Sakip Mahmud, Mutiara juz Amma, (Bandung: Mizan anggota IKAPI. (2005)
Ahmad Nurwadjah, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, (Bandung: MARJA. (2007)
Abdullah Nasih Ulwan, Ensiklopedia Pendidikan Akhlak Mulia Panduan Mendidik Anak Menurut Metode Islam (Jilid 2), (diterjemahkan oleh Ahmad Maulana), (Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi. (2012)
Banjir Embun, Penelitian Kepustakaan: http://banjirembun.blogspot.co.id /2019/04/penelitian-kepustakaan.html : diakses 11 Oktober 2024
Zed, M, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, (2014)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bahosin Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.