SUPERVISI KEPALA SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 7 SIMPANG KEURAMAT DAN SD NEGERI 11 KUTAMAKMUR KABUPATEN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37738Keywords:
Supervisi, Kinerja Gur, Kearifan Lokal.Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis supervisi kepala sekolah berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan perencanaan kinerja guru pada SD; (2) mengetahui supervisi kepala sekolah berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan kinerja guru pada SD; (3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat supervisi kepala sekolah Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan kinerja Guru pada SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan rancangan multi situs dimana subjek yang diteliti memiliki kesamaan latar belakang dan Lembaga dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 7 Simpang Keuramat dan SD Negeri 11 Kutamakmur. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu pada perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan evaluasi supervisi. Adapun pendekatan supervisi yang digunakan adalah langsung dan tidak langsung. Teknik yang digunakan adalah dua teknik yaitu teknik individual yang meliputi kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan pribadi, dan menilai sendiri; dan teknik kelompok meliputi rapat guru, diskusi, seminar, workshop, dan organisasi jabatan; belum menerapkan tukar menukar, perpustakaan jabatan pengalaman antar guru, diskusi panel, dan symposium.References
Dirahman, F., Setiawan, F., & Iskandar, U. A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Tenaga Kependidikan. Al-DYAS, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i1.845
Komiratun, S., & Suwandi, S. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Kerinci Kanan Riau. Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 1(1), 20–31.
Najilah, L. Q., Suherman, S., & Atikah, C. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 10(2), 80–90.
Nisa, S. C., Putri, R. N., Fitri, S. N., Aprilia, P., & Susanto, B. H. (2024). Kepemimpinan Pendidikan dan Kompetensi Kepala Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 312–319.
Noormahmudah. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Noormahmudah. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 1(1), 1–23.
Ruslan, R. (2019). Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Profesional Guru (Studi Multi Situs pada SMAN 1 Kota Bima, SMAN 1 Bolo Kab. Bima dan SMAN 1 Dompu Kab. Dompu Provinsi NTB). Jurnal Pendidikan Ips, 9(2), 155–171. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.231
Salehha, O. P., Marsithah, I., & Rizki, S. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah , Kepuasan Kerja , dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak Jenjang SMP Kabupaten Bireuen. Journal on Education, 07(01), 1021–1030.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42.
Suryadi, R. N. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Makassar. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v1i1.439
Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 3(2), 60–68. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.416
Triana, N., Suasa, S., & Syukur, M. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah An-Naarojil di Desa Kalukubula Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. PARADIGMA?: Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 43–58. https://doi.org/10.55100/paradigma.v1i1.38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abu Bakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.