KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SPLDV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LUMIO

Authors

  • Dewi Annisa Universitas Syiah Kuala
  • Silmi Maturah Universitas Syiah Kuala
  • Bintang Zaura Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33704

Keywords:

Hasil belajar, Kemampuan Siswa, Lumio, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, SPLDV.

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep siswa, pembelajaran yang berfokus pada guru dan kurangnya penggunaan alat atau sarana pembelajaran digital menyebabkan rendahnya hasil belajar murid. Salah satu solusi alternatif yang bisa digunakan guru adalah dengan menerapkan model pembelejaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis website Lumio.Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi SPLDV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan lumio mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikelas VIII MTsN Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalahone-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar dan sampel pada penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar murid. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw berbantuan lumio dengan  yaitu 3,9174 1,645, maka  ditolak dan menerima  jadi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lumio mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

References

Ade, W., Hulukati, E., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi hasil belajar matematika siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Madrasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 57-62.

Adji, M. R., Prasetyo, M. A., Nada, L. K., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 256-263.

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120-133. doi: 10.30998/formatif.v5i2.332.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publication.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Hartati, L. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 3(3), 224 235. doi: 10.30998/formatif.v3i3.128.

Ismayani, L. (2018). Upaya Meningkatkan hasil belajar matematika Bangun Ruang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Journal of Elementary School (JOES), 1(1), 22-34. doi: 10.31539/joes.v1i1.222

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295. doi: 10.24127/ajpm.v9i2.2704.

Osipova, E., & Bagrova, Y. Y. (2022). Lumio by Smart in Distance Learning: a case of EFL vocabulary learning. Russian Linguistic Bulletin, 5 (33):7.

Moreno, J., & Maher, E. M. (2022). Embrace cultural relevance with mathematical decision-making.

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58. doi: 10.55606/khatulistiwa.v2i4.746.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Annisa, D., Maturah, S. ., & Zaura, B. (2024). KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SPLDV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LUMIO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16589–16593. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33704