KEPRAKTISAN INSTRUMEN KINERJA PROYEK KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Aina Zahro Mawaddah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32746

Keywords:

Instrumen penilaian, instrumen kinerja proyek, keterampilan berpikir kreatif, Hukum Newton

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif meliputi kemampuan merancang hipotesis, kemampuan menentukan pola-pola masalah, mengajukan solusi baru, kemampuan mengemukakan ide yang tidak biasa, kemampuan mengidentifikasi informasi yang hilang dari masalah, kemudian mampu membuat masalah umum menjadi lebih spesifik. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaian. Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil penilaiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan instrumen penilaian kinerja proyek untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hukum newton. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan, meneliti, dan memaparkan hal yang sedang dipelajari dengan metode apa adanya, selanjutnya untuk dapat mendapatkan kesimpulan menggunakan hasil berupa angka-angka. Penerapan proyek ini dilakukan pada 3 kelas yaitu kelas E1,E2, dan E4 yang berjumlah 108 peserta didik yang pada tiap kelasnya berjumlah 36 peserta didik. Penerapan proyek dilakukan pada peserta didik fase E SMA Hang Tuah 1 Surabaya dengan memberikan angket berisi pernyataan terkait media pembelajaran yang telah digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis proyek roket sederhana termasuk pada kriteria praktis dengan skor 3,5 dari skala maksimum 4.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Mawaddah, A. Z. . (2024). KEPRAKTISAN INSTRUMEN KINERJA PROYEK KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11665–11671. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32746