PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB-SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2023)

Authors

  • I Putu Gede Wesiarthama Universitas Mahendradatta
  • Ni Ketut Murdani Universitas Mahendradatta
  • I Nyoman Wahyu Widiana Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32237

Keywords:

Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan

Abstract

Di Indonesia sudah banyak perusahaan yang telah go public atau yang sudah tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Salah satunya adalah perusahaan manufaktur pada sektor usaha industri farmasi.Secara umum banyak hal yang mempengaruhi nilai perusahaan baik dari segi dalam pengambilan Keputusan dalam berinvestasi, kebijakan yang diambil terhadap nilai perusahaan ataupun kepemilikan perusahaan yang membuat kepercayaan investor terhadap perusahaan tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data yaitu data sekunder.Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yang didasarkan pada kriteria tertentu, yang diteliti yaitu 10 perusahaan terpilih sebagai sampel sehingga total data yang diteliti sebanyak 25 perusahaan data dari tahun 2019-2023. Teknik penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Secara parsial penelitian ini menyatakan bahwa Keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Keputusan pendanaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Keputusan investasi, Keputusan pendanaan, kebijakan dividen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam uji determinasi didapatkan bahwa 2,6% Keputusan investasi, Keputusan pendanaan, kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan sebesar 97,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel independen penelitian ini.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Wesiarthama, I. P. G. ., Murdani, N. K. ., & Widiana, I. N. W. . (2024). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB-SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2023). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12271–12280. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32237