EVALUASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Titin Sunaryati Universitas Pelita Bangsa
  • Torik Kaddafi Universitas Pelita Bangsa
  • Marchika Bela Mujwah Universitas Pelita Bangsa
  • Syifa Aulia Universitas Pelita Bangsa
  • Syifa Aulia Satia Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31927

Keywords:

Problem Based Learning, Karakterisitik, Peserta Didik

Abstract

Metode Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran berbasis yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana efektifnya penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam membangun karakteristik siswa. Penelitian dilakukan dengan teknik tinjauan Pustaka dengan menalaah berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan jurnal ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan karakteristik siswa dengan menanamkan rasa tanggung jawab melalui pemikiran berfikir kritis terhadap permasalahan yang dihadapinya.

References

Dr. Rina Febriana, M. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. jakarta: Bumi Aksara.

Huda, A. I. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1547-1554.

Rahayu, R. &. (2019). Pembelajaran berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan sebagai upaya melatih kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMK. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 221-226.

Raimi, S. M. (2012). Problem based learning strategy and quantitative ability in college of education student’s learning of integrated science. Ilorin Journal of Education, 5(1), 1-11.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Septiana, T. S. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD MUHAMMADIYAH KAUMAN TAHUN 2016/2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94-105.

Shofina, N. &. (2023). Kombinasi Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 63-73.

Wati, M. M. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan instrumen karakter wasaka. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(1).

Widayanti, R. &. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Wijaya, R. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran PKN Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran PKN Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga, 6(2).

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Sunaryati, T. . ., Kaddafi, T. ., Mujwah, M. B. ., Aulia, S. ., & Satia, S. A. . (2024). EVALUASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10748–10753. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31927