PENERAPAN MODEL BE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI SISWA MUATAN PPKN DIKELAS VA SDN TELAWANG 3 BANJARMASIN

Authors

  • Ari Hidayat Universitas Lambung Mangkurat
  • Erika Fitriana Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31829

Keywords:

Berkomunikasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Model BE SMART

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis, dan berkomunikasi siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran terjadi secara satu arah, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang belum optimal, kurang terampil dalam berpikir kritis. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model BE SMART dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan berkomunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menggunakan model BE SMART menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari skor 25 (Baik) pada pertemuan 1 menjadi skor 32 (Sangat Baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa meningkat dari skor presentase klasikal 45% (Cukup Aktif) pada pertemuan 1 menjadi skor presentase klasikal 91% (Sangat Aktif) pada pertemuan 4, serta keterampilan berpikir kritis dari skor presentase klasikal 41% (Cukup Terampil) pada pertemuan 1 menjadi skor presentase klasikal 91% (Sangat Terampil) pada pertemuan 4. Sedangkan keterampilan berkomunikasi dari skor presentase klasikal 41% (Cukup Terampil) pada pertemuan 1 menjadi skor presentase klasikal 91% (Sangat Terampil) pada pertemuan 4. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model BE SMART dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis,dan berkomunikasi siswa.

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Aslamiah, S., Bulkani, B., & Rahmaniati, R. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Creative Problem Solving Dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4987

Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1073. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.511

Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). PENERAPAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI. VI.

Hidayat, A., Jannah, F., & Udzmah, N. matu. (2021). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 11, Nomor 02, November 2021. 11(November), 31–38.

Magdalena, I., Haq, A. S., & & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79.

Nasution, M. F., & Radiansyah. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kombinasi Model PBL, TGT dan Pendekatan TPACK. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 1090–1097.

Noor, A., & & hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PRONOPA Check Muatan IPS. Journal On Teacher Education, 5(1), 417.

Noorhapizah., Nur’alim, Agusta, A. R., & & Fauzi, Z. A. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN INFORMASI PENTING DENGAN KOMBINASI MODEL DIRECTED INQUIRY ACTIVITY (DIA), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 7 BANJARMASIN. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 1–23.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putri, M. A., & Farida, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 293–303.

Rosidah, L., Humaeroh, I., & Setiabudi, D. I. (2024). Penerapan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Keterampilan Berbicara dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Lutfia. Jurnal Basicedu, 8(2), 1046–1054.

Sudiana, I. N. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar PPKn melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Journal of Education Action Research, 7(1), 99–105.

Suriansyah, A., & Agusta, R. (2021). Effectiveness of Learning Model of Gawi Sabumi to Improve Students’ High Order Thinking Skills and Ecological Awareness. Tropical Wetland Journal, 7(2), 68–86. https://doi.org/10.20527/twj.v7i2.104

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Hidayat, A. ., & Fitriana, E. . (2024). PENERAPAN MODEL BE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI SISWA MUATAN PPKN DIKELAS VA SDN TELAWANG 3 BANJARMASIN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11805–11815. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31829