ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES PEMBUATAN GENTENG DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL)

Authors

  • Widhy Wahyani Institut Teknologi Nasional Malang
  • Wahyu Panji Asmoro Institut Teknologi Nasional Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31498

Keywords:

K3, Risiko, Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, HIRARC, UMKM, Genteng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam proses pembuatan genteng dengan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control). Melalui penelitian ini, berbagai bahaya diidentifikasi, tingkat risiko dinilai, dan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan dikembangkan untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di industri genteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan K3 yang efektif tidak hanya mengurangi risiko kecelakaan kerja tetapi juga meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Identifikasi bahaya meliputi risiko fisik, kimia, biologi, ergonomis, dan psikososial. Penilaian risiko dilakukan menggunakan matriks risiko, menghasilkan kategori risiko dari rendah hingga sangat tinggi. Langkah pengendalian yang direkomendasikan meliputi penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), pelatihan keselamatan rutin, perbaikan ergonomi, kontrol teknik, dan prosedur darurat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan sistematis terhadap K3 melalui metode HIRARC dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja dan mendukung keberlanjutan operasional UMKM genteng. Hasil penelitian ini penting bagi UMKM lain yang ingin meningkatkan standar keselamatan dan kesehatan kerja mereka.

References

Grech, M.R., Horberry, T.J., & Koester, T. (2019). Human factors in the maritime domain. CRC Press.

Ridwan, E.H., Suhaimi, N.S., & Abdull, N. (2022). Analysis of occupational health and safety at a maritime shipyard. Journal of Industrial Services.

Saedi, A.M., Thambirajah, J.J., & Pariatamby, A. (2014). A HIRARC model for safety and risk evaluation at a hydroelectric power generation plant. Elsevier.

Suhardi, B., Estianto, A.Y.V., & Laksono, P.W. (2016). Analysis of Potential Work Accidents Using HIRARC Method. ICIMECE Conference Proceedings.

Zaman, M.B., Siswantoro, N., & Zulfikar, M. (2020). Evaluasi Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja Menggunakan Metode HIRARC Pada Reparasi Galangan Kapal X. ITS Repository.

Fadli, M., & Utami, I. (2022). Implementasi K3 dalam Meningkatkan Keselamatan Kerja pada Industri Manufaktur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,

Rahmawati, S., & Aditya, R. (2021). Penerapan Metode HIRARC pada Sektor Pertanian untuk Mengurangi Kecelakaan Kerja. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 56-67.

BPJS Ketenagakerjaan. (2022). Laporan Kecelakaan Kerja.

Khamidi, M.F., et al. (2018). The Application of HIRARC Method in Occupational Safety and Health Management. Journal of Safety Research, 49, 123-131.

Zakaria, N.H., et al. (2020). Implementation of HIRARC in Manufacturing Industry. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics, 26(2), 199-208.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Wahyani, W. ., & Asmoro, W. P. . (2024). ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES PEMBUATAN GENTENG DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9995–10000. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31498