THE USE OF BINGO GAME IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING TO BOOST STUDENTS’ VOCABULARY AT MTS NWDI RENSING BAT

Authors

  • Zahratul Fikni Universitas Hamzanwadi
  • Laila Wati Universitas Hamzanwadi
  • Rohima Nurfarahin Fairus Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husnu Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31445

Keywords:

Teaching EFL Vocabulary, Bingo Game

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efisiensi pengajaran kosa kata menggunakan Permainan Bingo pada siswa kelas tujuh di MTs. Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat selama tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental termasuk pre-test dan post-test kelompok tunggal, dengan partisipasi 30 siswa. Data diperoleh dari pre-test dan post-test siswa, dengan tes yang digunakan sebagai instrumen. SPSS Versi 22 untuk Windows digunakan untuk menganalisis data. Sebelum mengevaluasi data menggunakan Uji T Sampel Berpasangan, peneliti saat ini menilai normalitas data menggunakan Shapiro Wilk. Uji Levene untuk homogenitas, dan hasil uji menunjukkan bahwa data tersebut normal dan homogen. Uji T Sampel Berpasangan yang diperkirakan menghasilkan nilai signifikansi 0,00. Nilai ini lebih rendah dari 0,05. Ini menandakan bahwa hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, Permainan Bingo efektif dalam mengajarkan kosa kata di MTs. Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat pada tahun ajaran 2023-2024. Mengingat proses dan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan agar guru bahasa Inggris menggunakan teknik ini untuk mengajarkan kosa kata.

References

Feng, Rui, Haroon N. Alsager, Zeinab Azizi, and Leeda Sarabani. 2023. “Impact of Mind-Mapping Technique on EFL Learners’ Vocabulary Recall and Retention, Learning Motivation, and Willingness to Communicate.” Heliyon 9(6).

Lauricella, Sharon, and T. Keith Edmunds. 2023. Ludic Pedagogy: A Seriously Fun Way to Teach and Learn. Rowman & Littlefield.

Miranda, Junnisa Alda, and Achmad Yudi Wahyudin. 2023. “Pre-Service Teachers’strategies In Improving Students’speaking Skills.” Journal of English Language Teaching and Learning 4(1):40–47.

Ningtias, Puspa Aprilia, Ujang Suparman, and Ari Nurweni. 2020. “The Effect of Bingo Game in Teaching Vocabulary.” IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) 10(3):36–40.

Obilor, Esezi Isaac. 2023. “Convenience and Purposive Sampling Techniques: Are They the Same.” International Journal of Innovative Social & Science Education Research 11(1):1–7.

Pebrianty, Devika Reski, Haris Maupa, and Andi Nur Baumassepe. n.d. “Factors Affecting the Perception of Mobile Banking Users on Adoption of Mobile Banking at PT. BNI Palopo Branch Office.”

Schmitt, Norbert, and Diane Schmitt. 2020. Vocabulary in Language Teaching. Cambridge university press.

Tan, Edna, Angela Calabrese Barton, and Christina Restrepo Nazar. 2023. “Youth Enacting Social-Spatial Justice in Middle School STEM: Advancing Justice Work in Hyperlocal and Interscalar Ways.” Cognition and Instruction 41(1):94–124.

Trenholm, Sarah. 2020. Thinking through Communication: An Introduction to the Study of Human Communication. Routledge.

Wei, Xuehu, Helyne Adamson, Matthias Schwendemann, Tomás Goucha, Angela D. Friederici, and Alfred Anwander. 2023. “Native Language Differences in the Structural Connectome of the Human Brain.” Neuroimage 270:119955.

Wulandari, Eka, and Yuyun Putri Mandasari. 2024. “Fun English Games for ESP Students (Best Practices).” Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET) 3(2):774–84.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Fikni , Z. ., Wati, L. ., Fairus, R. N. ., & Husnu, M. . (2024). THE USE OF BINGO GAME IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING TO BOOST STUDENTS’ VOCABULARY AT MTS NWDI RENSING BAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10918–10922. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31445