HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGELOLA SAMPAH RUMAH TANGGA DI LINGKUNGAN 4 BELAWAN SICANANG

Authors

  • Meutia Nanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ninis Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisa Muharani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anna Kholijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Audina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30951

Keywords:

Pendidikan, Pengetahuan, Perilaku, Sampah

Abstract

Pengetahuan Ibu Rumah Tangga tentang pemilahan sampah merupakan salah satu faktor penting dalam perilaku pemilahan sampah. Pengelolaan sampah yang baik perlu diwujudkan agar kebersihan lingkungan di wilayah pesisir dapat terjaga secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan perilaku Ibu Rumah Tangga dalam mengelola sampah rumah tangga di wilayah pesisir Lingkungan 4 Belawan Sicanang Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif cross sectional. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Chi-Square. Dengan jumlah Populasi sebanyak 285 KK. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sampel penelitian berjumlah 72 KK. Hasil penelitian ini memiliki hubungan tingkat pendidikan dengan perilaku Ibu Rumah Tangga hasil yang diperoleh p-value >0,005 tidak terdapat hubungan antara pendidikan dengan perilaku IRT dalam mengelola sampah, p-value <0,005 terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap IRT dalam mengelola sampah. Saran untuk mengadakan program edukasi, sosialisasi, dan penyuluhan yang rutin tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dampak negatif sampah terhadap kesehatan dan ekosistem pesisir.

References

Abduh, M. N. (2018). Ilmu dan Rekayasa Lingkungan. Makassar: CV Sah Media.

Akbar, H., Sarman, S., & Gebang, A. A. (2021). Aspek pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Muntoi. Jurnal Promotif Preventif, 3(2), 22-27.

Amraeni, Y., & Nirwan, M. (2021). Sosial Budaya Kesehatan dan Lingkungan Masyarakat Pesisir dan Tambang. Pekalongan: Penerbit NEM.

Fachmi, M., Diba, F., & Arman, S. (2019). Hubungan Faktor-faktor Sosial Ekonomi dan Perilaku Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak. Jurnal Borneo Akcaya, 110-123.

Gurning, F. P., Aidha, Z., & Nanda, M. (2022). Masalah Kesehatan Masyarakat Pesisir. Medan: MerdekaKreasiGroup

Ilma, N., Nuddin, A., & Majid, M. (2021). Perilaku Warga Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Zona Pesisir Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, 24-37.

Istiqomah, N., & Windi Wulandari, S. K. M. (2020). Hubungan pengetahuan dan pendidikan terhadap perilaku ibu rumah tangga dalam mengelola sampah rumah tangga di dusun sigempol Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Marpaung, D. N., Iriyanti, Y. N., & Prayoga, D. (2022). Analisis faktor penyebab perilaku buang sampah sembarangan pada masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 47-57.

Munggaran, Gilang Anugerah, and Pandu Febriansyah. "Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga Terhadap Pemilahan Sampah Di Kelurahan Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan Tahun 2023." Environmental Occupational Health And Safety Journal 4.2 (2024): 12-18.

Nurmaisyah, F., & Susilawati. (2022). Pengetahuan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Percut Sei Tuan. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Rahayu,S.T.(2023).Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi.

Rangkuti, A. F., & Safitri, M. E. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Padapedagang Buah Dan Sayur Di Pasar GiwanganYogyakarta.JurnalKesehatanDanPengelolaanLingkungan,3(2),56–65.

Sania, I. H. (2023). Perilaku Masyarakat Pesisir dalam Mengelola Sampah di Pantai Payangan Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 31-36.

SIPSN, Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional; Hidup dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan; Limbah dan B3, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah; Sampah, Direktorat Penanganan;. (2023). Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah. Retrieved.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Nanda, M. ., Lestari, N. ., Muharani, A. ., Kholijah, A. ., & Audina, S. . (2024). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGELOLA SAMPAH RUMAH TANGGA DI LINGKUNGAN 4 BELAWAN SICANANG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9111–9117. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30951