EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP LABA-LABA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP DARUL HIKMAH GAMBIRAN

Authors

  • Ulya Nurul Laili Universitas Bakti Indonesia
  • Uswatun Hasanah Universitas Bakti Indonesia
  • Aninta Aninta Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30804

Keywords:

Peta Konsep Laba-Laba, Menulis, Teks Berita.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efekktivitas media peta konsep laba-laba terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Gambiran. Jenis penelitian  kuantitafif  dengan desain penelitian kuasi eksperimen berbentuk Nonquivalent Control Group Eksperimen. Penelitian ini terdapat dua variabel, variabel terikat (media peta konsep laba-laba) dan variabel bebas (keampuan menulis teks berita). Sampel pada penelitian ini adalah seuruh populasi yaitu kelas VIII yang berjumlah 31 siswa. Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dan pemberian tes menulis teks berita berupa pretest dan postest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Hasil penelitian terdapat nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 34,40 dan nilai rata-rata postest sebesar 38,07. Selanjutnya, nilai rata-rata pretest pada kelompok kontrol sebesar 33,31 dan nilai rata-rata postest sebesar 33,75. Maka, penelitian menunjukkan bahwa media peta konsep laba-laba efektif digunakan. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis data dengan melakukan uji independent sample t-test yang diperoleh nilai Sig (2– tailed) sebesar 0,023 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan. Jadi, dengan demikian ada pengaruh antara media peta konsep laba-laba terhadap pembelajaran menulis teks berita.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Laili, U. N., Hasanah, U. ., & Aninta, A. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP LABA-LABA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP DARUL HIKMAH GAMBIRAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9904–9911. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30804