ANALISIS KORELASI ANTARA TINGKAT KETERLIBATAN DALAM ORGANISASI MAHASISWA DENGAN KINERJA AKADEMIS

Authors

  • Beryl Geovanni Xenoglosi Univesitas Teknologi Digital Bandung
  • Achmad Suherman Univesitas Teknologi Digital Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30720

Keywords:

Organisasi, Mahasiswa, Prestasi Akademik, Perguruan Tinggi

Abstract

Di banyak institusi pendidikan tinggi, mahasiswa secara luas terlibat dalam berbagai aktivitas di luar kurikulum seperti klub, perkumpulan, atau kegiatan sosial. Meskipun aktivitas ini sering dianggap sebagai sarana untuk pengembangan kepemimpinan, keterampilan interpersonal, dan pengalaman praktis, dampaknya terhadap prestasi akademis masih belum sepenuhnya dipahami. penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang hubungan antara aktivitas organisasi mahasiswa dan prestasi akademis mereka Penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi pengambil keputusan di institusi pendidikan tinggi untuk merancang program-program yang mendukung keseimbangan yang baik antara keterlibatan organisasi dan prestasi akademis. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif. penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilandaskan dengan filsafat postpositivisme, dipergunakan untuk meneliti suatu obyek secara alamiah, teknik pengumpulan data dapat berupa triangulasi atau dapat disebut dengan gabungan, pada hasil penelitian ini lebih menekankan pada makna dibandingkan dengan generalisasi Penelitian ini menemukan adanya hubungan positif antara tingkat keterlibatan dalam organisasi mahasiswa dan kinerja akademis mahasiswa.

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, S. (2014). Mahasiswa dan Organisasi. Jakarta: Gafindo Persada.

Asrizon, R. (2016). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Retrieved from Jim.stkip-Pgrisumbar.ac.id/jurnal/download/3982.

Azar, S. (2013). Impact of Time Management Training on Pakistani Corporate Sector Employees. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(4), 476–482.

Bertens. (2005). Metode Belajar Untuk Mahasiswa: Beberapa Petunjuk Bagi Mahasiswa Baru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Davidson, J. (2004). The 60 second procrastinator: Sixty solid techniques to jump- start any project and get you life in gear. Avon: Adams Media.

DiPipi-Hoy, C., Jitendra, A. K., & Kern, L. (2009). Effects of Time Management Instruction on Adolescents Ability to Self-Manage Time in a Vocational Setting. The Journal of Special Education, 43(3), 145–159.

Hardiansah, M. F. (2019). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dan Budaya Organisasi Dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1),47–54. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p47-54

Haryono, E., Akhdimirwanto, W., & Ashari. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Radiasi, 4(1), 77–80. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 155/U/1998.

Kurnia, H. (2014). Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa universitas cokroaminoto yogyakarta. Acedemy of Education Journal, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 91–103.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Press Group.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafika Persada.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pusat Belajar.

Saepuloh, D. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Mahasiswa Di FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. JIPIS, 25(2), 27–38.

Sanjaya, W. (2018). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sholikhah, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unesa Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 76–80.

Siswanto. (2007). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Sobur, A. (2006). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, S. (2004). Tuntunan Belajar Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendekia.

Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Dalam Pasal 3.

Yuzidulfalach, A. (2010). Dampak Kesertaan Mahasiswa pada Lembaga Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Akademik (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). JIMFEB, 2(1), 1–6

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Xenoglosi, B. G., & Suherman, A. . (2024). ANALISIS KORELASI ANTARA TINGKAT KETERLIBATAN DALAM ORGANISASI MAHASISWA DENGAN KINERJA AKADEMIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8960–8965. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30720