PERANAN TIM PENGENDALI KREDIT MACET DALAM MEMINIMALISISR TINGKAT KREDIT MACET PADA KSP. CU. HARAPAN KITA CABANG MARTUBUNG

Authors

  • Ripho Delzy Perkasa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ika Fitria Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurrahmadhana Nurrahmadhana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasana Hasana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alfiah Taliba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30698

Keywords:

Tim Pengendali Kredit Macet, Penanganan, Koperasi Simpan Pinja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet di KSP Credit Union Harapan Kita Cab. Martubung dan menggali peran serta pencapaian Tim Pengendali Kredit (TPKM) dalam menangani masalah kredit bermasalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan enam informan yang memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya penilaian risiko, keterbatasan sumber daya keuangan, dan kondisi ekonomi yang tidak stabil menjadi faktor utama kredit macet. TPKM berperan dalam analisis risiko kredit, monitoring berkala, penanganan kredit bermasalah, kolaborasi dengan pihak eksternal, dan memberikan edukasi serta konseling kepada anggota. Pencapaian KSP CU Harapan Kita Cab. Martubung terlihat dari penurunan persentase kredit macet dan peningkatan keuntungan dari kredit. Kesimpulannya, manajemen risiko yang efektif dan langkah-langkah yang diambil oleh TPKM berperan penting dalam mengelola risiko kredit dan meminimalkan dampak kredit macet bagi koperasi dan anggotanya, serta membantu menjaga stabilitas finansial koperasi.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Perkasa, R. D. ., Ningsih, I. F. ., Nurrahmadhana, N., Hasana, H., & Taliba, A. . (2024). PERANAN TIM PENGENDALI KREDIT MACET DALAM MEMINIMALISISR TINGKAT KREDIT MACET PADA KSP. CU. HARAPAN KITA CABANG MARTUBUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8941–8949. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30698