KAJIAN SASTRA FEMINIS NOVEL KENANGA KARYA OKA RUSMINI DAN KAITANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Authors

  • Diana Reby Sabawaly STELLA Maris Sumba

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.30528

Keywords:

Sastra Feminis, Novel, Pembelajaran Sastra.

Abstract

Penelitian dengan rancangan deskriptif kualitatif ini bertujuan (1) mendeskripsikan unsur naratif (unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik) dalam novel “Kenanga”, (2) mendeskripsikan unsur Sosiokultural dalam novel “Kenanga”, dan (3) mendeskripsikan kaitan novel “Kenanga” karya Oka Rusmini hasil kajian feminis sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen. Subjek penelitian ini adalah novel Kenanga karya Oka Rusmini, objek penelitian ini adalah kajian feminis. Data yang sudah diperoleh dianalisis melalui beberapa tahapan, yaitu: reduksi data (identifikasi dan klasifikasi data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) dikaji dari unsur naratif (unsur instrinsik dan ekstrinsik) dalam novel Kenanga (2) unsur sosiokultural Bali meliputi : kebudayaan (sistem kasta), kemasyarakatan (gotong-royong) dan religi (kepercayaan); dan (3) hasil penelitian novel Kenanga karya Oka Rusmini memiliki kaitan dengan pembelajaran sastra di SMA kelas XI semester II sesuai dengan SK memahami berbagai hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan serta KD 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel Indonesia atau novel terjemahan, karena melalui pembelajaran sastra, peserta didik dapat banyak belajar tentang budaya dan adat istiadat. Hal tersebut sesuai dengan tiga kriteria bahan ajar yaitu bahasa, psikologi dan latar budaya.

References

Astika, I. Made. 2014 “Perempuan si Mata laki-laki Bali: Sebuah Kritik Sastra Feminis Drama Tuwung Kuning Karya I Wayan Artika. Prosiding Paradigma Baru pembelajaran Bahasa, Sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013 dan Implementasinya. Singaraja: FBS Universitas Pendidikan Ganesha.

Dirkdan Irien Viancker. 2008. Perkawinan dan Kasta Bali. (http://Indomc.Org/indec.php?option:comcontant and task: view and id: 42 and itam id: 46). Diakses tanggal 10 maret 2009.

Kajian Feminisme”Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2015 http://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/jsi

Laksmi. 2008. Tarian Bumi Tarian Pemberontakan. (http://sepocikopi. Wordpress.

Com/2007/07/12/Tarian-Bumi-Tarian-Pemberontakan/). Diakses tanggal 05 maret 2009.

Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta : Gama Press.Publications Limited.Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Rusmini, Oka. (2003). Kenanga. Jakarta: PT. Grasindo.

Jurnal : Zufardi D. Kajian Feminisme Cerpen Pasien karya Djenar Mahesa Ayu dan implikasiny a terhadap Penajaran Sastra Indonesia di Sekolah. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2, N0 2017.http://dx.doi.org/10.22216/jcc.2017.v2i1.1461

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Sabawaly, D. R. . (2024). KAJIAN SASTRA FEMINIS NOVEL KENANGA KARYA OKA RUSMINI DAN KAITANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1389–1396. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.30528