PENGARUH PERSAINGAN SECARA TIDAK SEHAT TERHADAP JENJANG KARIR DALAM PERSPEKSTIF UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30473Keywords:
Perusahaan, Persaingan tidak sehat, Karyawan.Abstract
Setiap organisasi atau perusahaan berupaya keras meningkatkan kinerja karyawan mereka agar tujuan perusahaan dapat tercapai sepenuhnya. Sumber daya manusia berperan sebagai penggerak operasional organisasi, di mana individu atau kelompok bekerja di bawah arahan pimpinan untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang mengkaji asas-asas hukum, perbandingan hukum, atau sejarah hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendorong adanya persaingan tidak sehat diantaranya yang tidak dapat mengatasi permasalahan dan penyelewengan jabatan. Timbul rasa cemburu sehingga cenderung mencari kesalahan bawahan yang kinerja nya jauh lebih unggul dari atasannya. Sehingga menjadi celah pencurian gagasan dan berujung menjatuhkan satu dengan yang lain. Hubungan antara karyawan yang memiliki jabatan tentu menjadi pengaruh munculnya konflik kepentingan. Jika pengelolaan sumber daya manusia tidak dilakukan dengan benar, berbagai masalah dapat muncul, yang dapat membahayakan perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, pengelolaan SDM yang buruk terdiri dari beberapa komponen.References
John Lewis Gilin dan John Philip Gilin, Cultural Sociology, (New York: The Macmillan Company). Seperti yang dikutip dalam Buku Soerjono Soekanto, Sosiologi: Suatu Pengantar. Cet. ketigapuluh tiga, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002), hal.91
Meitina Indrasari, Ida Ayu Nuh Kartini. (2021). Karakteristik Sumber Daya Manusia Era Digital (Prespektif Kepemimpinan) Sidoarjo, Zifatama Jawara
Nelly Mathias. (2021). “Penyebab Persaingan Yang Tidak Sehat Terjadi Di Lingkungan Kantor.” QuBisa. 2021. https://www.qubisa.com/microlearning/penyebab-persaingan-yang-tidak-sehat-terjadi-di-lingkungan-kantor. Diakses pada hari Selasa 16 April 2024 pukul 22.59 WIB.
Lembah Penjaminan Mutu. (2023). Hindari Conflict of Interest di Tempat Kerja dengan 4 Strategi Ini. Eduma. https://lpm.uma.ac.id/hindari-conflict-of-interest-di-tempat-kerja-dengan-4-strategi-ini/ Diakses pada hari 20 April 2024 pukul 22.59 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Trisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.