PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL SEBAGAI SOLUSI MENGATASI BULLYING DILINGKUNGAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30314Keywords:
Pendidikan Islam, Etika dan Moral, BullyingAbstract
Penelitian ini membahas tentang penanganan bullying di sekolah dengan pendekatan pendidikan karakter, peran orang tua dalam membentuk karakter anak dalam menghadapi bullying, dan penerapan pendidikan Islam sebagai solusi untuk mengatasi bullying. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pendidikan karakter dan pendidikan Islam dalam mencegah perilaku bullying di lingkungan pendidikan. Pendidikan Islam dapat membantu mencegah perilaku bullying di sekolah dengan menanamkan nilai-nilai agama yang baik kepada siswa. Beberapa strategi yang dapat dilakukan termasuk sosialisasi terkait bullying, layanan konseling, pembiasaan nilai-nilai agama, membuat deklarasi anti bullying, dan program penguatan pendidikan karakter. Kolaborasi antara semua pihak dalam menerapkan pendidikan karakter dan nilai-nilai agama Islam menjadi kunci dalam mengatasi bullying di lingkungan pendidikan. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menanamkan etika dan moral sebagai solusi untuk mengatasi bullying di lingkungan pendidikan. Nilai-nilai agama Islam, seperti menghormati dan menghargai sesama, dapat membantu mencegah perilaku bullying. Sekolah Islam dan guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam strategi untuk mencegah dan menangani kasus bullying di sekolah.References
A. Hidayat (2018). Pendidikan Karakter Islami: Prinsip dan Amalannya. Pers Rajawali, Jakarta.
As-Sa'di, A. (2015). Tafsir Al-Quran Al-Karim (Vol. 4). Dar Al-Fikr.
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Eko Suseno (2018). Tindakan (bullying) dalam dunia Pendidikan ditinjau dari persfektif hukum pidana islam. Sol Justicia, Vol.1 No. 1
Hasan, A., Alim, M. A., & Nawawi, A. M. (2018). Peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 231-242https://quran.nu.or.id/al-hujurat/
Ibrahim, H.R.S (2017). Implikasi Pendidikan Islam dalam Membangun Kepribadian dan Akhlak. Al-Ittijah: Journal of Islamic and Education Studies, 3(2), 20-40
Lathif, M. T. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri 1 Sumberpucung. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 3(12), 1523-1531.
Mahardika, M. A. G. (2017). Pencegahan bullying terhadap anak di lingkungan sekolah. Prosiding Asosiasi Pendidikan Tambang Indonesia, 2(1).
Rakhmawati, M., Hayatun, N., & Astuti, P. (2018). Upaya pencegahan bullying dari perspektif psikologi islam dan strategi implementasinya di sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(2).
Rudiana, R. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. EduHumaniora, 10(1), 45-54
Sarti, M. (2018). Bullying in Indonesia: A systematic review and advocacy program development. Children and youth services review, 85, 191-198.
Saufa, A. (2018). Pendidikan Agama Islam sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 67-76.
Syarnubi Syarnubi, “Penerapan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Peningkatan Mutu Lulusan,” Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 4 (2022): 375-395.
Syarnubi. (2019). “Guru Yang Bermoral dalam Konteks Sosial Budaya, Ekonomi, Hukum, dan Agama,” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 21-40
Syarnubi. (2023). “Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam,” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 2: 468–86
Toto Suharto (2016). Filsafat Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz. Cet.1, h. 29-30
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan AnakViaAl-Qur'an Indonesia https://quran-id.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maelani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.